Menang Banding, Dua Guru JIS Segera Bebas

Deny Irwanto    •    Jumat, 14 Aug 2015 11:40 WIB
jis
Menang Banding, Dua Guru JIS Segera Bebas
Kuasa hukum dua guru JIS, Hotman Paris Hutapea. (Metrotvnews.com/Hardiat Dani Satria)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kuasa hukum guru Jakarta International School (JIS), Hotman Paris Hutapea, mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dia mengambil salinan putusan bebas dari Pengadilan Tinggi DKI untuk Neil Bantleman dan Ferdinand Tjiong.

"Ini (surat putusan) sudah turun kemarin. Jadi Pengadilan Tinggi telah mengeluarkan putusan. Diputuskan tanggal 10 Agustus 2015. Isi putusan, atas nama Neil dan Ferdinand. Menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah melakukan tindak pidana dan memulihkan harkat dan martabat terdakwa," kata Hotman di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (14/8/2015).

Dengan begitu, putusan PN Jaksel yang sebelumnya menjatuhkan vonis Neil Bantleman dan Ferdinand Tjiong 10 tahun penjara otomatis gugur. Atas putusan tersebut, Hotman menyatakan jika dua kliennya tersebut berhak bebas dari balik jeruji LP Cipinang, Jakarta Timur.

"Membebaskan segera terdakwa dari tahanan, putusan Pengadilan Tinggi DKI menyatakan putusan PN Jaksel amburadul dan kelewatan, kita akan adukan ke KY," beber Hotman yang didampingi dua keluarga guru JIS.

Sekadar mengingatkan, Neil dan Ferdinand didakwa melakukan kekerasan seksual terhadap anak didik JIS. Keduanya menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sejak 2 April 2015 dengan Hakim Ketua Nur Aslam Bustaman.

Majelis hakim memutuskan keduanya secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan kekerasan seksual terhadap anak. Hakim menjatuhkan vonis 10 tahun penjara pada dua guru JIS tersebut. Mereka juga dikenakan denda Rp100 juta subsider 6 bulan kurungan.

Namun, putusan tersebut gugur setelah Pengadilan Tinggi mengabulkan banding yang diajukan terdakwa. Kini, Hotman ingin menggugat hakim PN Jaksel.


(SAN)