Gambar Diduga Mirip Lambang PKI Bertebaran di Universitas Jember

Kumbang Ari    •    Jumat, 14 Aug 2015 12:15 WIB
peristiwa
Gambar Diduga Mirip Lambang PKI Bertebaran di Universitas Jember
Simbol PKI bertebaran di tembok Universitas Jember, Metrotv - Kumbang Ari

Metrotvnews.com, Jember: Pemandangan tak biasa tampak di pagar tembok Universitas Jember, Jawa Timur. Gambar menyerupai lambang Partai Komunis Indonesia (PKI) berwarna merah bertebaran di sepanjang tembok kampus, Jumat 14 Agustus.

Gambar itu ditemukan di tiga titik yaitu di tembok di Jalan Kalimantan, Jalan Jawa, dan di sekitar Fakultas Kedokteran. Gambar membentuk coretan palu arit mirip simbol komunis. Pelaku menggunakan cat semprot untuk menggambar simbol tersebut.

Kepala Satuan Pengamanan (Satpam) Universitas Jember, Edi Suhartono, mengatakan coretan itu ditemukan anggotanya sekira pukul 02.30 WIB. Saat itu, anggota bernama Heru tengah berpatroli di lingkungan kampus. Heru menemukan simbol-simbol itu.

Heru lalu berkoordinasi dengan anggota lain yang bertugas. Mereka lalu memeriksa kondisi sekitar kampus. Petugas menemukan dua orang yang mencurigakan. Satu orang berbadan kurus dengan rambut panjang, seorang lain berbadan lebih gemuk.

"Pelaku mengaku melakukan penyemprotan gambar. Lalu kami tangkap dan interogasi. Saya tidak jelas motifnya," kata Edi.

Namun, lanjut Edi, pelaku mengaku aksi itu berkaitan dengan rencana Presiden Joko Widodo meminta maaf pada keluarga PKI. Presiden berencana menyampaikan permintaan maaf itu tepat pada peringatan HUT ke-70 RI, 17 Agustus 2015.


(RRN)