Jubir Demokrat: SBY Rayakan Kemerdekaan di Pacitan

Al Abrar    •    Jumat, 14 Aug 2015 14:02 WIB
pidato kenegaraan
Jubir Demokrat: SBY Rayakan Kemerdekaan di Pacitan
Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Widodo S Jusuf/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Teka-teki ketidakhadiran Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di sidang tahunan MPR dan sidang gabungan DPR dan DPD, terjawab. Juru Bicara Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mengungkapkan SBY tengah berada di Pacitan, Jawa Timur. 

Menurut Didi, SBY rindu merayakan hari kemerdekaan di kampung halamannya itu. Sebab, sudah 10 tahun SBY tak pernah memperingati 17 Agustus di kampungnya.

"Bapak kangen tujuhbelasan di kampung halaman, dan kangen pulang kampung, di mana Panglima Jenderal Besar Sudirman memimpin Perang Gerilya di Nawangan, Pacitan," kata Didi melalui pesan singkatnya kepada Metrotvnews.com, Jumat (14/8/2015).

Sebelumnya diberitakan, ketidakhadiran SBY di Sidang Tahunan menyambut hari kemerdekaan ke-70 di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, menjadi sorotan. Sebab, semua mantan presiden dan wakil presiden turut hadir dalam sidang tersebut.

Tampak hadir dalam sidang tersebut antara lain, Presiden ke-3 B.J Habibie, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Boediono juga tampak hadir. Hanya Ketua Umum Partai Demokrat SBY yang tidak terlihat meski namanya disebut dalam Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo.

Berbeda politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul justru mengatakan, SBY tengah berada di luar negeri untuk menjadi pembicara.

"Ada acara di luar negeri sebagai pembicara," kata Ruhut.

Ruhut mengaku tidak tahu kapan SBY akan kembali ke Tanah Air. Namun dia memastikan, pada 27 Agustus SBY akan memimpin rapat untuk menyambut Pilkada Serentak yang bakal digelar 9 Desember nanti.

"Kami akan ketemu lagi 27 Agustus, dijamin. Rapat DPP dan pilkada," ujarnya.

Bila saat ini berada di Indonesia, kata Ruhut, SBY pasti hadir dalam sidang tahunan tersebut. Apalagi, semua lembaga dan kementerian serta seluruh mantan presiden turut hadir di sana.  

"Kalau Bapak ada di sini (Indonesia), pasti beliau akan datang," pungkasnya.


(KRI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA