Cara Alami Obati Kutikula

Torie Natalova    •    Jumat, 14 Aug 2015 14:26 WIB
kecantikan
Cara Alami Obati Kutikula
Lidah buaya untuk mengobati kutikula (Foto: boldsky)

Metrotvnews.com: Bukan hanya rambut dan wajah Anda yang membutuhkan perawatan, kuku Anda pun juga harus dirawat dengan baik. Jika tidak, Anda bisa terkena kutikula.

Faktor utamanya biasanya karena kulit kering, kulit terbakar, cuaca dingin, sering cuci tangan menggunakan bahan kimia, kekurangan vitamin dan masih banyak lagi.

Meskipun kutikula bisa sembuh secara alami dalam beberapa hari, namun Anda bisa mencoba beberapa cara ini agar penyembuhan lebih cepat.

1. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat pendingin dan menenangkan yang akan membantu mengobati kutikula. Mengoleskan gel lidah buaya beberapa kali sehari pada kulit kuku bisa memberikan perlindungan kelembaban kulit dari berbagai infeksi.

2. Pisang
Pisang matang yang dihalus dicampur dengan gula bubuk, krim, dan minyak zaitun bisa membantu membuat kutikula Anda lebih cepat sembuh. Terapkan campuran ini pada kulit yang terkena selama minimal 30 menit. Cuci dan keringkan tangan, baru setelah itu oleskan pelembab pada bagian tersebut.

3. Madu dan jus lemon
Menambahkan beberapa madu dan jus lemon ke air hangat dan rendam tangan Anda yang mengelupas di dalamnya. Setelah itu keringankan tangan Anda, lalu oleskan pelembab atau minyak yang mengandung vitamin E. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan minyak zaitun untuk menjaga tingkat kelembaban tangan.

4. Mentimun
Potong mentimun segar menjadi irisan yang tebal-tebal. Gosok lembut irisan mentimun pada kutikula agar menyerap dengan baik ke dalam kulit. Cara lainnya, Anda juga dapat menerapkan mentimun parut di atas kulit tersebut selama 30 menit baru mencucinya dengan air hangat.

Ulangi setiap hari hingga kutikula benar-benar sembuh. Mentimun diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan untuk kulit. Kadar air alami yang dimiliki mentimun bisa mempercepat penyembuhan.

5. Minyak zaitun
Panaskan setengah cangkir minyak zaitun extra-virgin dalam microwave. Tuangkan minyak hangat dalam mangkuk dan tambahkan tiga tetes minyak esensial lavender. Rendam jari Anda dalam minyak hangat selama 10 menit. Bilas tangan Anda dengan air hangat, keringkan dan kemudian baru terapkan beberapa pelembab.

Minyak zaitun merupakan pelembab yang bagus untuk kulit kering. Perendaman jari-jari Anda dalam minyak zaitun hangat akan melembabkan dan menyehatkan kulit Anda. Kaya vitamin E, membuat minyat zaitun cocok untuk penyembuhan kulit.

6. Gandum
Campur segenggam bubuk gandum dalam mangkuk besar yang berisi air hangat. Rendam jari-jari Anda di dalamnya selama 10 sampai 15 menit. Cuci tangan Anda dengan air bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk berbahan katun yang lembut. Obat ini sangat efektif akan menghilangkan sel-sel kulit mati dari jari-jari Anda dan membuatnya tampak lebih lembut dan halus.

7. Minyak kelapa
Oleskan minyak kelapa pada ujung jari yang mengelupas beberapa kali sehari. Minyak kelapa memang dikenal sebagai obat rumahan yang baik untuk masalah kulit termasuk kutikula. Kandungan asam lemaknya memungkingkan untuk menembus cepat ke dalam kulit. Dan lagi sifat antijamur dan antibakterinya membuat minyak kelapa mampu melindungi terhadap infeksi. Selain itu, minyak kelapa juga bisa mencegah kekeringan, gatal dan pengelupasan pada kulit.

8. Susu
Campur dua sendok makan susu dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini pada kulit dan pijat dengan lembut. Kulit Anda dijamin akan selalu lembab. Susu adalah pengobatan alami untuk mengatasi kutikula. Ingat, gunakan susu dengan kadar lemak yang tinggi. (Sumarni/ Boldsky)


(AWP)