Trotoar Jakarta Membahayakan Pejalan Kaki

LB Ciputri Hutabarat    •    Jumat, 14 Aug 2015 14:43 WIB
trotoar
Trotoar Jakarta Membahayakan Pejalan Kaki
Ketua Koalisi Pejalan Kaki Ahmad Syafrudin. (Foto:MTVN/LB Ciputri Hutabarat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Trotoar di banyak jalan di Ibu Kota dinilai membahayakan pejalan kaki. Selain tidak layak karena kerusakan infrastruktur, banyak juga trotoar yang digunakan untuk parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL).
 
Ketua Koalisi Pejalan Kaki Ahmad Syafrudin mengatakan, berdasarkan data Walk Index Asia, trotoar di Asia berada pada angka 58 dari angka 100. Sedangkan, Asia Development Bank membuat indeks Indonesia pada posisi 43.
 
“Trotoar Jakarta berada pada poin 30. Artinya ini membahayakan," kata Syafrudin kepada Metrotvnews.com di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (14/8/2015).
 
Syafrudin mengungkapkan, parahnya kondisi trotoar di Jakarta dipengaruhi banyak hal. Mulai dari segi jumlah, penggunaan, sampai infrastruktur. Padahal, menurut dia, trotoar yang dibuat 'setengah hati' dapat membahayakan keselamatan pejalan kaki.
 
"Banyak yang rusak, ada motor yang lewat enggak sabar, mobil parkir di trotoar. Kalau kondisi trotoar di sekolah bagaimana? Kan banyak anak-anakn. Bisa membahayakan itu," ujarnya.
 
Dari riset yang dilakukan Koalisi Pejalan Kaki, trotoar DKI masih jauh dari harapan. Padahal, DKI menjadi contoh kota besar lainnya dalam pemenuhan hak pejalan kaki.


(FZN)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

15 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA