Ahok Tantang Walhi Debat Terbuka Soal Reklamasi Pantai Ancol

   •    Sabtu, 01 Jun 2013 08:13 WIB
Ahok Tantang Walhi Debat Terbuka Soal Reklamasi Pantai Ancol
ANTARA/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Protes yang digelar lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang lingkungan hidup, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) terhadap rencana Pemprov DKI akan mereklamasi Pantai Ancol, disebut Wakil Gubernur (Wagub) DKI Basuki Tjahaja Purnama tidak memberikan solusi apa-apa pun.

Karena itu, mantan anggota Komisi II DPR RI ini menantang Walhi untuk berdebat soal reklamasi pantai Ancol.

"Debat terbuka itu untuk mencari solusi yang tepat untuk penanganan pencemaran air laut dan reklamasi pantai Ancol," kata pria yang akrab disapa Ahok itu di Balai Kota, Jumat (31/5).

“Walhi juga mau menantang berdebat sama kami tentang soal itu. Saya lihat Walhi enggak memberikan solusi tentang semua laut yang tercemar, seperti masalah kerang hijau. Itu ada studinya bisa berdebat,” imbuh Ahok.

Menurut dia, pelaksanaan reklamasi pantai Ancol sudah ada payung hukumnya dalam bentuk Keputusan Presiden (Keppres). Bahkan semua perizinan untuk pelaksanaan reklamasi itu sudah ada.

“Sudah ada Keppres, sudah ada izin semua kok. Bukan kita lho yang kasih izin. Studi-studinya mereka semua ada lho,” tegas Ahok.

Dia menegaskan, dirinya selalu setuju diajak berdebat oleh orang lain. Bahkan dia mempersilakan LSM untuk mengajaknya berdebat tentang semua hal. Tetapi dalam debat tersebut, jangan hanya adu argumentasi saja, melainkan juga harus dicari solusinya.

“Kadang saya setuju orang mau debat. Tetapi jangan cuma ngomong doang, solusinya apa? NGO atau LSM berdebat apa pun boleh, tapi kasih solusinya dong. Justru kalau mellihat laut rusak, pesisir pantai rusak, ya reklamasi bermanfaat untuk pulihkan kerusakan itu,” ungkapnya.

Semua yang dilakukan Pemprov DKI dengan pertimbangan matang. Seperti melakukan pengerukan, sudah harus tahu hasil sedimen yang dikeruk akan dibuang ke mana, lanjutnya.

“Ini kita keruk, mau buang ke mana? Kalau sudah terkontaminasi masa buang ke bulan? Ini logikanya gimana. Buang limbah gimana caranya? Harus digali. Waduk ini penuh kontaminasi lho, kalau buang ke darat nanti malah kena air tanah,” ujarnya. (Selamat Saragih)


Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA