Pengrajin Batang Pohon Pinang Mulai Kesulitan Pasokan

Ilham wibowo    •    Sabtu, 15 Aug 2015 15:23 WIB
hut ke-70 ri
Pengrajin Batang Pohon Pinang Mulai Kesulitan Pasokan
Penjual pohon pinang----Ant/Indrianto Eko

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengrajin batang pohon pinang mulai kesulitan mendapat pasokan barang. Mereka pun harus bersusah payah mencari pasokan.

Wawan alias Otoy, salah satu pengrajin dan penjual batang pohon pinang di Jalan Manggarai Utara Dua, Jakarta Selatan, mengakui, cukup sulit mendapatkan pohon pinang.

"Kalau dulu dari Sukabumi. Sekarang di sana sudah jarang," kata Otoy saat berbincang dengan Metrotvnewes.com, Sabtu (15/8/2015).



Kini, kata Otoy, dia mendapat pasokan dari Serang, Banten. Itu pun, dengan membeli ke tengkulak. "Lari kita beli ke tengkulak di Serang," imbuh dia.

Otoy menjelaskan, kualitas batang pohon dari Sukabumi dan Serang, berbeda. Batang asal Sukabumi punya kualitas lebih bagus.

"Paling kuat itu dari sukabumi. Kalau kena panas enggak pecah malah tambah kuat. Kekuatannya bisa sampai sebulan. Batang dari Serang paling cuma sampai seminggu," sebut dia.



Namun lantaran masalah ketersediaan stok, Otoy mengaku pasokan dari Serang menjadi pilihan. Dia pun harus menyiasati dengan mengatur waktu penyerutan kulit pohon sebelum digunakan pembeli.

"Biar sama kuatnya, kita serut kalau sudah dekat mau dipakai," tuturnya.


(TII)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA