Khawatir Terpapar Sianida, Warga Tianjin Dievakuasi

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 15 Aug 2015 15:56 WIB
ledakan tiongkok
Khawatir Terpapar Sianida, Warga Tianjin Dievakuasi
Lokasi ledakan di Tianjin (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tianjin: Pihak berwenang Tianjin, Tiongkok melakukan evakuasi terhadap warga yang berada di dekat lokasi ledakan di pelabuhan. Evakuasi dilakukan setelah adanya penemuan bahan kimia berbahaya.

Tim penyelidik sebelumnya menemukan bahwa sodium sianida di antara bahan kimia berbahaya lainnya di gudang yang meledak di Pelabuhan Tianjin tersebut.

Setidaknya tujuh ledakan kecil dilaporkan pada Kamis (14/8/2015), ini termasuk ledakan di sebuah parkir mobil dekat lokasi ledakan. Insiden itu berlangsung saat petugas pemadam kebakaran masih berupaya meredakan api dari ledakan besar sebelumnya.

"Banyak materi dengan karakteristik berbeda tercampur dalam ledakan itu. Hal itu bisa jadi menyebabkan terjadinya ledakan atau reaksi kimia," ujar Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Tianjin Zhou Tian, seperti dikutip Reuters, Sabtu (15/8/2015).

Sebelumnya pemerintah menolak untuk berkomentar mengenai kekhawatiran adanya bahan dari industri kimia yang bisa memicu bencana. Tetapi pada akhirnya, kantor berita Xinhua menkonfirmasi bahwa zona terlarang sudah ditetapkan menyusul adanya kekhawatiran kontaminasi kimia.

Pihak badan ahli kimia pemerintah saat ini masih berkeliaran di lokasi kejadian dengan pakaian khusus yang tertutup. Mereka juga menggunakan masker gas khusus.

Menurut laporan, pihak penyelidikan telah menemukan bahan sodium sianida yang sangat berbahaya. Dikhawatirkan bahan itu bisa terhirup atau bahkan masuk ke saluran warga. Mengkonsumsi sekitar 200 miligram bahan kimia tersebut bisa berakibat fatal.

Sementara petugas lingkungan senior Wen Wurui menegaskan bahwa kondisi saat ini sudah berhasil diatasi. Menurutnya kadar dari sodium sianida itu sudah di posisi normal.
 


(FJR)