Bulog Raih Izin Impor Sapi Siap Potong

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 15 Aug 2015 17:04 WIB
impor sapi
Bulog Raih Izin Impor Sapi Siap Potong
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti mengatakan pihaknya sudah mendapatkan persetujuan untuk impor sapi siap potong. Upaya ini sebagai langkah dalam menstabilkan kembali harga daging sapi.

"Sebenarnya rekomendasi itu sampai Desember. Fungsinya untuk menstabilkan harga karena kita semua paham harga daging sangat tinggi sampai pedagang mogok. Ini harus kita tanggapi dengan baik," ujar Djarot saat ditemui di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta, Sabtu (15/8/2015).

Alasan Bulog mendapat izin impor dalam bentuk sapi siap potong dari Pemerintah lantaran mogoknya para pedagang sapi lantaran harga yang mahal dari feedloter (perusahaan penggemukan sapi). Adapun jangka waktu impor sampai Desember. Hal ini supaya Bulog dapat menghitung kebutuhan sapi siap potong.

"Kalau jangka pendek Bulog langsung impor 50 ribu ekor sapi siap potong saya khawatir pasar rusak, pengusaha juga rusak. Jadi disinilah fungsi kami," kata Kepala Bulog itu.

Dirinya menambahkan, sapi siap potong itu sudah bisa masuk pada akhir bulan ini. "Insya Allah akhir bulan ini atau awal September," ungkap Djarot.

Menurutnya, Bulog harus mempunyai stok daging sapi jika harga daging sapi kembali naik. Bulog siap mengeluarkan harga yang lebih wajar jika para pedagang sapi mengeluarkan harga yang tidak wajar.

"Kalau kamu keluarkan harga yang wajar kami akan keluarkan harga yang wajar, kalau kalian keluarkan harga yang tidak wajar, kami akan keluarkan harga yang lebih wajar," jelasnya.

Ia menambahkan harga daging sapi yang wajar sekitar Rp100 ribu per kilogram (kg). Namun menurutnya harga itu masih bisa turun lagi.


(AHL)