Masyarakat Jawa di Luar Negeri Rumuskan UU Kewarganegaraan Ganda

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 15 Aug 2015 20:46 WIB
kebudayaanwni
Masyarakat Jawa di Luar Negeri Rumuskan UU Kewarganegaraan Ganda
Eva Reinhard. Foto: MTVN/Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Masyarakat asal Jawa yang tinggal di luar negeri menyiapkan bahan untuk mengajukan Undang-undang Kewarganegaraan Ganda bagi warga Indonesia di luar negeri.

"Kami mulai merumuskan itu," kata Eva Reinhard, warga Secang, Magelang, Jawa Tengah, yang tinggal di Jerman, di sela Konferensi Keturunan Jawa dan Budaya Jawa Sedunia, di Hotel New Saphir Yogyakarta, Sabtu (15/8/2015).

Eva bersama rekan-rekannya telah membagi tim antara masyarakat Jawa yang masih di luar negeri dan yang sudah pulang ke Indonesia. Masyarakat Jawa yang masih di luar negeri akan memetakan permasalahan yang dialami di luar, sedangkan yang sudah pulang memetakan permasalahan di Indonesia.

"Kami sudah membagi tugas. Banyak perantau asal Indonesia yang berada di luar negeri," ujarnya.

Menurut Eva, banyaknya warga Indonesia di luar negeri di berbagai bidang menjadi potensi bagi negara. Sebab, melalui undang-undang itu, orang Indonesia bisa berbagi ilmu dan pengalaman, meskipun masih berstatus sebagai warga asing.

"Banyak teman-teman yang berkeinginan pulang. Termasuk mereka yang professional worker. Status kewarganegaraan kami dipermudah di luar negeri, kami harap di Indonesia juga demikian," jelasnya.

Namun, Eva sadar usaha yang akan dilakukan itu tidak bisa berjalan baik. Sebabnya, jika UU itu disahkan akan berpotensi ada penyalahgunaan aturan oleh pihak tertentu.

"Kami tetap berharap pemerintah bisa membantu dan mendengar aspirasi kami. Rasa nasionalisme kami di luar negeri tetap tinggi untuk Indonesia. Banyak yang menangis saat upacara kemerdekaan. Saat di Indonesia, kami malah jarang melihat ada yang meneteskan air mata saat upacara," tambahnya.


(UWA)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA