Kebakaran Lahan di Sumsel Mencapai 155 Titik Api

Sefti Feriansyah    •    Minggu, 16 Aug 2015 09:59 WIB
kebakaran lahan
Kebakaran Lahan di Sumsel Mencapai 155 Titik Api
Ilustrasi kebakaran lahan/ANT/Fikri Yusuf

Metrotvnews.com, Palembang: Kebakaran lahan gambut di perbatasan Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Sumsel), masih terjadi hingga Minggu 16 Agustus.  Berdasarkan data satelit terra, aqua modis jumlah titik api di Sumsel mencapai 115.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel berusaha memadamkan api melalui jalur darat. Usaha pemadaman kebakaran yang terjadi sejak sepekan lalu ini untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan ke permukiman warga. Sejumlah warga termasuk anak-anak tampak membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Menurut warga, kebakaran semacam ini kerap kali terjadi. Kebakaran bahkan telah menghanguskan puluhan hektare lahan warga.

Sementara data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang tertulis di website resmi, titik apo di Sumsel terdapat 26 titik. Di antaranya 5 di Banyuasin, 1 di Lahat, 2 di Muara Enim, 5 di Banyuasin, 1 di Musi Rawas, 1 di Pali, dan 10 di Ogan Komering Ilir. Namun, data itu belum termasuk titik api yang tak terpantau satelit.

Di wilayah Sumatra, sepanjang Agustus, jumlah titik api mencapai 115 yang didominasi Provinsi Sumsel diikuti Bangka Belitung yang mencapai 31 titik api dan Jambi yang mencapai 26 titik api.


(OJE)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA