Modifikasi Motor

Yamaha XJR1300, Cafe Racer Hasil Kolaborasi Industri Denim

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 19 Aug 2015 10:48 WIB
modifikasi motor
Yamaha XJR1300, Cafe Racer Hasil Kolaborasi Industri Denim
XJR1300 kolaborasi dengan pelaku industri pakaian. Bikeshed

Metrotvnews.com: Dalam industri otomotif roda dua, tidak banyak model sepeda motor yang masa produksinya hingga jangka waktu 20 tahun. Jika ada, tentu hal itu karena motor tersebut istimewa dan digemari banyak orang.

Yamaha Yard Built sebagai divisi khusus modifikasi Yamaha Eropa berkolaborasi dengan pihak luar untuk membangun sebuah sepeda motor. Maka motor ini adalah kolaborasi dengan Iron Heart, perusahaan pembuat denim asal Jepang.

Alasan pemilihan Iron Heart karena Yamaha ingin sesuatu yang unik dan meng-inspirasi. Iron Heart sendiri dikenal dengan pakaian yang indah dengan fungsi dan dirancang menggunakan bahan dasar berkualitas, dan telah eksis sejak tahun 2003 oleh Shinichi Haraki.

"Haraki san dan saya telah kenal beberapa tahun lalu, kami berdua meyakini karya seni dalam merancang sebuah produk. Iron Heart dan Yamaha berkolaborasi untuk tradisi, timeless desain, dipadu inovasi dan teknologi untuk membuat produk yang baik," papar Shun Miyazawa, Product Manager Yamaha Motor Eropa.

Haraki san menambahkan, motor cafe racer ini didesain untuk pengendara yang berusia mapan. "Tidak untuk anak muda, inspirasi datang dari sepeda motor tahun 70 dan 80-an di Jepang dan Eropa," katanya.

Motor ini menapilkan paduan unsur klasik dan modern, modern dalam penggunaan material berupa alumunium pada sepakbor depan-belakang, dasar jok, tangki bahan bakar hingga cover tengah sisi kiri dan kanan.

Itu masih belum cukup, suspensi belakang menggunakan Ohlins dipadu pelek jari-jari dari Kineo dengan ban tubeless. Sedangkan unsur klasik, tentu dari desain motor ini bukan?

Hasilnya adalah cafe racer yang terlihat dewasa, dengan menunjukkan karya seni Yamaha dengan sentuhan Iron Heart. Desain timeless dipadu teknologi modern.


(UDA)