HUT ke-70 RI

PAN Beri Penghargaan ke Komunitas Pelopor Perubahan

Misbahol Munir    •    Minggu, 16 Aug 2015 11:55 WIB
hut ke-70 ri
PAN Beri Penghargaan ke Komunitas Pelopor Perubahan
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan,--Foto: Antara/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-70 kemerdekaan Republik Indonesia dengan memberikan “PAN Award”.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan pemberian penghargaan ini merupakan cara PAN memberikan apresiasi terhadap berbagai komunitas yang telah berkontribusi nyata dalam memelopori terwujudnya perubahan yang positif di Indonesia.

"Memelopori perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik adalah semangat utama PAN. Ini sudah ada dalam darah dan daging kita sejak dulu, saat mempelopori reformasi 1998," tegas Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/8/2015).

"Maka dari itu cara PAN untuk memperingati HUT RI adalah dengan memberikan PAN Award ini untuk para pelopor  dari generasi baru, generasi muda penerus kita” imbuh Zulkifli pada acara yang berlangsung di Balai Resital Kertanegara itu.

Menurut Ketua Penyelenggara PAN Award, Andi Ichsan, ada banyak orang dan komunitas yang punya karya luar biasa untuk memajukan Indonesia, tapi belum dikenal publik.

"Dengan acara ini, PAN berharap ada semakin banyak orang yang mengenal karya mereka dan terinsipirasi,” ujarnya.

Ada tiga komunitas yang terpilih sebagai penerima PAN Award, yaitu House of Perempuan, Sobat Budaya dan Untuk Papua. Ketiga komunitas ini semuanya digerakkan oleh anak-anak muda.

House of Perempuan atau disingkat HOPE menyadari tentang pentingnya peran perempuan di dalam masyarakat. HOPE menginisiasi berbagai kegiatan yang ditujukan untuk mengedukasi kaum hawa agar mampu mengoptimalkan potensi yang mereka miliki.

HOPE sebagai contoh memberikan berbagai pelatihan gratis bagi para perempuan baik yang terkait dengan kehidupan pribadi maupun professional.

Sementara Sobat Budaya adalah pelopor gerakan sejuta data budaya (GSDB). Sebuah upaya gotong royong membangun perpustakaan digital yang mendokumentasikan kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Sedangkan komunitas untuk Papua, fokus mendorong terwujudnya program-program pemberdayaan masyarakat di Provinsi Papua. Diinisiasi oleh tujuh orang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) pada September 2013, berbagai karya Untuk Papua kini telah hadir secara nyata di Bumi Cendrawasih.

Acara PAN Award ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian peringatan ulang tahun PAN yang ke-17. Selain PAN Award, terdapat acara-acara lain yang juga ditujukan untuk memfasilitasi pengembangan potensi anak muda Indonesia.

"Selain PAN Award kita juga adakan lomba debat dan menulis essay yang pesertanya adalah mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh Indonesia," kata Ketua Panitia ulang tahun PAN ke-17 Raja Sapta Oktohari.

Sebagai informasi, babak final lomba debat sekaligus pengumuman pemenang lomba debat dan menulis essay diselenggarakan bersamaan dengan penganugerahan PAN Award.


(MBM)