Meresahkan, Warga Ciamis Tangkap Macan Kumbang Betina

Yosep Trisna    •    Minggu, 16 Aug 2015 12:34 WIB
macan tutul turun gunung
Meresahkan, Warga Ciamis Tangkap Macan Kumbang Betina
Ilustrasi: Antara/Paramayuda

Metrotvnews.com, Ciamis: Warga Desa Cikupa, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berhasil menangkap seekor macan kumbang betina, Minggu (16/8/2015).

Penangkapan macan kumbang yang bernama latin panthera pardus melas ini menjadi pusat perhatian masyarakat di Kawali, Ciamis. Macan kumbang berbobot sekitar 170 kilogram ini ditangkap warga menggunakan perangkap bambu dengan umpan bangkai domba yang sudah dimangsa hewan ganas ini.

Dalam tiga bulan terakhir, binatang buas ini telah memangsa sedikitnya lima anjing dan delapan kambing ternak milik warga. Keberadaan macan kumbang ini sudah sangat meresahkan karena khawatir menyerang warga setempat.

Asna Maulana, Ketua Karangtaruna desa setempat menjelaskan, macan kumbang ini sudah diincar selama tiga bulan terakhir. Belasan warga dikerahkan dalam penangkapan hewan langka dan dilindungi ini.

Macan kumbang betina ini diperkirakan adalah induk dari 2 ekor macan kumbang lainnya yang hingga kini belum tertangkap. Diduga, binatang buas pemangsa daging ini turun gunung akibat kemarau panjang yang mengakibatkan pasokan makanan di Gunung Syawal sudah berkurang.

Hewan buas yang dikurung besi ini menjadi tontonan warga yang penasaran ingin melihat dari dekat. Kondisi macan kumbang ini cukup memprihatinkan dengan sejumlah luka di kepala dan kaki.

Akibat berusaha mendobrak kandang besi yang mengurungnya, selanjutnya warga bernegoisasi dengan pihak berwenang Badan Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat terkait kompensasi kerugian yang dialami warga desa cikupa.


(MBM)