4 Turis Asing Hilang di Pulau Sangalaki

Syahrul Karim    •    Minggu, 16 Aug 2015 15:39 WIB
tenggelam
4 Turis Asing Hilang di Pulau Sangalaki
Pulau Sangalaki. Foto: WWF Kaltim

Metrotvnews.com, Berau: Empat wisatawan mancanegara dinyatakan hilang di Pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Masing-masing, tiga dari Italia dan satu dari Belgia.

Keempat wisman itu adalah Michela, 33, Alberto, 36, dan Daniele, 36, asal Italia. Lalu Vana Chris R, 28, asal Belgia.

Mereka dilaporkan hilang sejak Sabtu, 15 Agustus, saat menyelam di sekitar Pulau Sangalaki. Hingga saat ini keempatnya belum ditemukan.

Humas Polres Berau, AKP Marwoto, mengatakan sebenarnya ada enam orang wisman yang menyelam. Tapi, dua wisman tersebut berhasil diselamatkan warga Pulau Derawan. Mereka adalah Valeria, 34, dan Maurizio Rage, 36. "Keduanya warga Italia," kata Marwoto, saat dihubungi, Minggu (16/8/2015).

Saat ini tim SAR Balikpapan telah mengirimkan empat penyelam ke Sangalaki untuk mencari mereka. "Mereka berangkat tadi malam sejak mendapat kabar dari sana. Tim yang ikut dalam pencarian adalah SAR TNI Angkatan Laut, SAR Tarakan, Polsek Derawan, Koramil, serta kelompok masyarakat," kata Kasi Operasional SAR Balikpapan, Mugiono.

Hilangnya empat turis asing itu diduga derasnya arus bawah laut. Ini terjadi karena gelombang di laut Kepulauan Derawan cukup tinggi.

Tim berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk dapat menghitung kecepatan arus dan angin.


(UWA)