Emil Resmikan Monumen Penunjuk Arah Lima Benua

Roni Kurniawan    •    Minggu, 16 Aug 2015 17:26 WIB
monumen
Emil Resmikan Monumen Penunjuk Arah Lima Benua
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Taman Vanda. Foto: MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil meresmikan monumen penunjuk arah atau wayfinder lima benua, di Taman Vanda, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat.

Monumen tersebut didedikasikan oleh komunitas diaspora Indonesia. "Bandung diberi hadiah simbolik arah benua-benua dari titik ini (Taman Vanda)," ujar pria yang akrab disapa Emil, di Taman Vanda, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (16/8/2015).

Monumen wayfinder lima benua yang diletakkan di utara Taman Vanda ini berada di antara kolam taman air mancur. "Arahnya akurat sesuai dengan penunjuk mata angin. Jadi, kalau mau menuju kota-kota yang ada di benua tersebut, jaraknya bisa dilihat dari sini," tuturnya.

Diakuinya, orang Indonesia yang sedang merantau di luar negeri sangat berpotensi bagi Indonesia, khususnya Kota Bandung. Pasalnya, ia pun pernah mengalami sebagai orang perantauan selama tujuh tahun berada di Amerika.

"Saya menjadi bagian dari diaspora. Tujuh tahun di Amerika dan kembali ke Bandung menjadi wali kota. Ini harapan terbesar saya kepada mereka (diaspora) rata-rata orang hebat, punya jaringan sumber daya untuk membuka komunikasi. Kita bisa memanfaatkan jaringan ini untuk kepentingan Bandung," pungkasnya.


(UWA)