Kemarau Sebabkan Kenaikan Harga Cabai di Gorontalo

Antara    •    Minggu, 16 Aug 2015 18:58 WIB
cabai
Kemarau Sebabkan Kenaikan Harga Cabai di Gorontalo
cabe ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Gorontalo: Musim kemarau yang melanda Provinsi Gorontalo dan sekitarnya sejak dua bulan terakhir, menyebabkan harga cabai di pasaran mengalami kenaikkan.

Djoni Hasan, salah seorang pedagang cabai di Gorontalo mengatakan, saat ini banyak petani yang gagal panen untuk komoditi tersebut. Hal ini menyebabkan stok cabai berkurang.

Dia mengatakan harga cabai di jual pada kisaran Rp50 ribu per kilogram (kg) hingga Rp60 ribu per kg atau mengalami kenaikan kenaikkan jika dibandingkan dengan dua hari lalu yakni hanya Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per kg.

"Untuk menjual ke konsumen, pedagang menyesuaikan dengan harga yang diperoleh di tingkat petani," Kata Djoni di Gorontalo, Minggu (16/8/2015).

Menurut dia, jika musim kemarau terus berkepanjangan terjadi di daerah ini kemungkinan besar bawang putih, bawang merah serta tomat dan sayur-sayuran juga akan mengalami kenaikan.

Nahri salah seorang konsumen mengatakan, harga cabai di pasaran mengalami kenaikkan, jika dibandingkan dengan beberapa lalu.

Dia menjelaskan, memang di pasaran ada pedagang yang menjual cabai dari daerah lainnya yang kualitasnya tidak di sukai konsumen sebab panjang dan tidak terlalu pedas.

"Konsumen di Gorontalo banyak menyukai cabai lokal yang bentuknya kecil namun sangat pedas rasanya," Kata Nahri.

Dia menjelaskan, rata-rata konsumen di daerah ini banyak menyukai cabai, oleh sebab itu setiap masakan tidak mengundang selera jika cabai hanya kecil dan tidak pedas.


(SAW)

Novanto Mengaku Ikhlas Diganti

Novanto Mengaku Ikhlas Diganti

23 minutes Ago

Idrus menuturkan, dalam perbincangan dengannya beberapa hari lalu, Novanto mengaku ikhlas dan t…

BERITA LAINNYA