KPAI: Jadikan HUT ke-70 RI Momentum Memerdekakan Anak dalam Pendidikan

Meilikhah    •    Senin, 17 Aug 2015 08:45 WIB
pendidikan anak
KPAI: Jadikan HUT ke-70 RI Momentum Memerdekakan Anak dalam Pendidikan
Ilustrasi anak-anak sekolah. (MI/Palce Amalo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang Pendidikan, Susanto, mengingatkan para orang tua dan penyelenggara pendidikan untuk menjadikan momentum HUT Kemerdekaan RI sebagai upaya memerdekakan anak dalam pendidikan.

"Momentum peringatan kemerdekaan RI, meniscayakan adanya spirit untuk memerdekakan anak dalam pendidikan," ujar Susanto, melalui rilis kepada Metrotvnews.com, Senin (17/8/2015).

Menurut Susanto, ada beberapa hal untuk memastikan anak bisa mendapatkan kemerdekaannya dalam pendidikan. Di antaranya, memastikan bahwa anak terbebas dari kultur senioritas yang kerap kali mengatasnamakan pendidikan. Apalagi, kata dia, anak korban kekerasan berpotensi menjadi pelaku di kemudian hari.

Membiarkan anak mengembangkan bakat, minat dan potensi yang dimilikinya juga merupakan sebuah bentuk kemerdekaan. Selain itu, ajak anak untuk berpartisipasi dalam perumusan kebijakan sekolah yang ramah anak dan pastikan bahwa anak-anak terbebas dari hukuman bermuatan kekerasan, tak edukatif dan menciderai fisik maupun psikis anak.

"Orang tua dan penyelenggara pendidikan juga harus memastikan anak-anak terbebas daru bahan ajaran bermuatan pornografi, rasial, dan ekstremisme keagamaan dan kekerasan sebagai bentuk kemerdekaan," tukasnya. 


(MEL)