Jangan Benci Brokoli, Bermanfaat Turunkan Berat Badan Lho!

   •    Senin, 17 Aug 2015 09:18 WIB
kesehatan
Jangan Benci Brokoli, Bermanfaat Turunkan Berat Badan Lho!
Brokoli mengekang nafsu makan berlebih (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada umumnya, brokoli kurang disukai. Terutama oleh anak kecil. Padahal, sayuran hijau ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Untuk mengakali rasa brokoli agar lebih nikmat, Anda dapat mengolahnya dengan cara menumis, merebus, bahkan menggorengnya.

Nah, mulai sekarang sertakan brokoli dalam porsi makan karena manfaatnya yang luar biasa.

1. Memerangi arthritis
Ada senyawa dalam brokoli yang disebut sulphoraphane yang merupakan senyawa kaya sulfer. Ini termasuk blok enzim yang merusak tulang rawan. Sering makan brokoli dapat membantu memperlambat dan bahkan mencegah osteoarthritis.

2. Menormalkan tekanan darah dan ginjal
Sulphoraphane dalam brokoli dapat secara signifikan membantu menormalkan tekanan darah dan fungsi ginjal. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa orang yang menderita hipertensi menunjukkan fungsi ginjal meningkat, tapi tekanan darah menurun bila diberi sulphoraphane.

3. Melawan Kanker
Rasa pahit yang berasal dari senyawa sulfer memiliki kemampuan melawan kanker. Sulphoraphane dapat menghambat enzim yang diketahui terlibat dalam perkembangan sel-sel kanker. Seiring dengan itu, senyawa dalam brokoli yang disebut isothyiocyanates muncul untuk menargetkan dan memblokir gen mutan yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker.

4. Tinggi folat
Asupan folat melindungi perut, usus, pankreas, dan kanker serviks. Folat membantu mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

5. Mengurangi kolesterol
Seperti sayuran dan buah-buahan lain, brokoli mengandung serat larut yang membantu menarik kolesterol dari tubuh.

6. Kaya antioksidan
Vitamin C adalah salah satu dari banyak antioksidan, dan brokoli kaya antioksidan dibandingkan sayuran lain. Brokoli juga mengandung antioksidan kuat seperti lutein dan beta-karoten.

7. Tulang sehat
Tingginya kandungan kalsium dan vitamin K dalam brokoli merupakan kunci dalam kesehatan tulang, serta mencegah osteoporosis.

8. Mengurangi alergi dan peradangan
Brokoli merupakan sumber yang baik dari omega-3 asam lemak, yang anti-inflamasi. Brokoli juga mengandung senyawa yang disebut kaempferol yang membantu mengurangi dampak dari zat terkait alergi pada tubuh.

9. Tinggi serat
Brokoli mengandung sejumlah besar serat larut untuk masalah kolesterol yang tercantum di atas, tetapi serat larut juga membantu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga keseimbangan gula darah.

10. Menurunkan berat badan
Berbicara tentang kalori, brokoli menjadi pilihan yang tepat dalam program penurunan berat badan. Alasan utama berkaitan dengan kandungan serat larut yang membantu mengekang nafsu makan berlebih. Brokoli memberikan rasa kenyang lebih lama. Ada tiga komponen dalam makanan yang memberikan rasa kenyang, yaitu kandungan protein, air dan serat. Semuanya itu terkandung dalam brokoli. (Sumarni/Lifehack)


(ROS)