Menteri BUMN: BUMN Harus Jadi Tulang Punggung Ekonomi

Antara    •    Senin, 17 Aug 2015 09:26 WIB
bumn
Menteri BUMN: BUMN Harus Jadi Tulang Punggung Ekonomi
Menteri BUMN Rini Soemarno (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan bahwa perusahaan milik negara dituntut untuk terus memberikan kinerja dan pelayanan yang lebih baik, selain juga menjadi tulung punggung peningkatan dan pemerataan pembangunan ekonomi nasional.

"Kemerdekaan Indonesia dapat terwujud karena komitmen para pendahulu untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Karena itu, sudah sewajarnya BUMN ikut mengisinya dengan menjadi agen pembangunan nasional," kata Rini Soemarno, dalam Pidato Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-70 RI, yang dibacakan Staf Khusus Kementerian BUMN Sudar SA, di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/8/2015).

Menurut Rini, BUMN telah melakukan perubahan-perubahan fundamental menuju perbaikan di bidangnya masing-masing. Total aset seluruh BUMN kini telah mencapai Rp4.600 triliun. Ini menunjukkan bahwa kontribusi BUMN terhadap perekonomian nasional semakin besar dan berperan nyata dalam mewujudkan pembangunan proyek-proyek strategis yang nilainya cukup besar.

Ia menjelaskan, pada 2015, terdapat 86 proyek yang dikerjakan oleh 25 BUMN, dengan total nilai proyek mencapai Rp318,5 triliun dan USD5,1 miliar. Proyek-proyek tersebut antara lain,  pembangunan jalan tol, pembangkit listrik tenaga uap, kepelabuhanan dan kebandaraan, serta ekplorasi dan produksi minyak dan gas.

Lebih lanjut, diutarakan Rini, dalam menghadapi era persaingan global, BUMN tidak dapat lagi bergerak sendiri-sendiri dan sporadis. Upaya-upaya individu BUMN, meski sudah sangat maksimal, hanya akan mengantarkan pada peningkatan kinerja yang linier sifatnya, di mana itu tidak akan cukup untuk mengejar irama bisnis global.

"Sinergi dan kolaborasi antarentitas BUMN sebuah keniscayaan untuk mendorong pertumbuhan BUMN yang signifikan. Kini Indonesia memiliki 119 BUMN yang bergerak hampir di seluruh bidang industri," pungkasnya.


(ABD)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

4 hours Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA