Yolk Solar Paper, Charger Tipis Berdaya Sinar Matahari

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 17 Aug 2015 09:26 WIB
kickstarter
Yolk Solar Paper, Charger Tipis Berdaya Sinar Matahari
Charger ini sesuai untuk pecinta kegiatan luar ruang.

Metrotvnews.com: Desainer asal Korea Sung Un Chang menciptakan charger tipis bernama Yolk Solar Paper. Produk ini dikembangkan melalui kampanye Kickstarter, dan mendapatkan reaksi positif dari netizen. Proyek ini telah mencapai dukungan USD869.987, 17 kali lebih banyak dari targetnya, USD50.000.

Charger ini diciptakan dari panel surya yang dapat ditempelkan satu sama lain dengan bingkai magnetik. Dibutuhkan dua panel untuk mencapai output 5W, yang dapat digunakan untuk mengisi iPhone 6. Sementara untuk mengisi iPad, Anda akan membutuhkan output 10W dari empat panel.

Chang menyebutkan Anda dapat mengisi penuh iPhone 6 dalam waktu dua jam di bawah pencahayaan terang, dan butuh waktu lima jam dalam kondisi pencahayaan redup atau mendung. Sementara iPad membutuhkan waktu 4,5 jam di bawah pencahayaan terang dan 9 jam pada pencahayaan redup.

Chang mengungkapkan rencananya untuk memproduksi produk ini di Tiongkok, tetapi kemudian memutuskan untuk memindahkan lokasi produksi ke Korea karena kendali kualitas lebih baik dan resiko peniruan yang lebih kecil.

Chang diperkirakan akan memasarkan charger dua panel ini seharga USD125, dan USD200 untuk empat panel setelah menyelesaikan kampanye di Kickstarter. Yolk Solar Paper bukan produk pertama Chang. Sebelumnya, panel surya Solarade, juga telah menyelesaikan program pendanaan dengan baik pada Kickstarter tahun lalu.


(ABE)