Donald Trump: Imigran Gelap Harus Pergi dari AS

Willy Haryono    •    Senin, 17 Aug 2015 09:32 WIB
pemilu as
Donald Trump: Imigran Gelap Harus Pergi dari AS
Capres AS Donald Trump dalam kampanyenya di Des Moines, Iowa, AS, 15 Agustus 2015. (Foto: AFP / WIN MCNAMEE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Metrotvnews.com, Iowa: Calon presiden Donald Trump kembali menegaskan kebijakannya mengenai imigran gelap jika dirinya memenangkan pemilihan umum Amerika Serikat tahun depan. 

Dalam beberapa kesempatan, Trump menyebut imigran gelap tidak mendapat tempat di Negeri Paman Sam dan harus angkat kaki ke negara asal. Jika terpilih jadi presiden, ia akan menghapus kebijakan DREAM Act yang diterapkan Presiden Barack Obama. 

"Aturan eksekutif itu akan dicabut," tegas Trump dalam sebuah wawancara yang disiarkan program Meet The Press saluran televisi NBC, Minggu (16/8/2015). 

"Kita akan memperkuat keutuhan semua keluarga, tapi mereka (imigran gelap) harus pergi," sambung dia.

Saat ini Trump berusaha menjadi kandidat utama Partai Republik. Meski bukan politisi, popularitas pengusaha sukses ini mengalahkan capres Republik dalam beberapa survei. 

Berdasarkan polling Fox News pada Minggu, Trump meraih 25 persen, 13 persen lebih tinggi dari Ben Carson, kandidat utama Republik. 

Sejak mendeklarasikan diri hendak berpartisipasi dalam pemilu AS, Trump kerap mengeluarkan pernyataan kontroversial dan menyerang rival-rivalnya, termasuk terhadap mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton. 



(WIL)