Rangkaian Peringatan HUT ke-70 RI di Istana, Jokowi Pimpin Upacara

Desi Angriani    •    Senin, 17 Aug 2015 10:18 WIB
hut ke-70 ri
Rangkaian Peringatan HUT ke-70 RI di Istana, Jokowi Pimpin Upacara
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-70 Republik Indonesia, Senin (17/8/2015), di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta. Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Widodo, Wapres Jusuf Kalla dan Ibu Mufida Kalla.

Upacara yang dimulai pukul 10.00 WIB, didahului laporan komandan upacara Kolonel Umar Farouq kepada Presiden Jokowi.

Dilanjutkan, penghormatan kebesaran, di mana Korps Musik memperdengarkan Tanda Laporan, disusul tembakan meriam sebanyak 17 kali, sirene, bedug di masjid-masjid, dan lonceng di gereja-gereja.

Dilanjutkan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPR Setya Novanto dan mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara. Kemudian dilanjutkan pembacaan doa oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Puncak peringatan upacara detik-detik Proklamasi yaitu pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang terdiri atas Kelompok 17 dan Kelompok 8.

Kelompok 17 dipimpin Rayhandhika Renarand (Jawa Barat), Kelompok 8 dipimpin Rocky Satria Pratama (Aceh) yang terdiri dari penggerek bendera Daulat Halomoan Simatupang (Riau), pembentang bendera Muhammad Faisak Sarian (Sulawesi Tenggara) dan pembawa baki Rani Noerinsan (Gorontalo).

Usai pengibaran bendera, digelar fly pass pesawat tempur milik TNI AU yang diakhiri persembahan lagu-lagu perjuangan oleh paduan suara Orkestra Gita Bahana Nusantara.


(TRK)