Mobil Ramah Lingkungan

Mahasiswa ITS Konsisten Ikut Lomba Mobil Formula Ramah Lingkungan

Amaluddin    •    Senin, 17 Aug 2015 09:23 WIB
mobil balap
Mahasiswa ITS Konsisten Ikut Lomba Mobil Formula Ramah Lingkungan
Sapu Angin Speed III yang sudah siap ikut kompetisi di ajang Student Formula Japan (SFJ) 2015. MTVN/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Mobil Formula Sapu Angin Speed III (SAS IIII) adalah generasi ketiga karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Jawa Timur. Mobil ini akan berkompetisi pada Student Formula Japan (SFJ) yang akan bertempat di Ogasayama Sport Park, Shizuoka, Japan, pada 1-5 September 2015 mendatang.

Mobil Formula SAS III ini memiliki spesifikasi yang memiliki kecepatan dengan melaju kencang dibanding SAS I dan SAS II. Sebelumnya, mahasiswa ITS Tim Sapu Angin (SA), berhasil meraih Best Rookie Award (penghargaan pendatang baru terbaik). Penghargaan tersebut mereka dapatkan pada kompetisi Student Formula Japan (SFJ) tahun 2013 lalu dengan menampilkan SAS I.

Dengan meningkatnya peringkat dalam kompetisi tersebut, tim SA kemudian melanjutkan membuat Sapu Angin Speed II pada kompetisi SFJ 2014. Nah, saat ini tim Sapu Angin (SA) ITS mengembangkan kembali mobil Formula generasi ketiga dengan nama Sapu Angin Speed III (SAS III) yang akan berlaga pada ajang SFJ 2015 mendatang.

SAS III merupakan proyek mobil formula yang dibuat sendiri oleh mahasiswa ITS. Event ini diselenggarakan untuk memperkenalkan karya nyata mahasiswa ITS. Terutama dalam bidang otomotif dan Tim SA akan melanjutkan prestasi-prestasi yang telah diraih selama 6 tahun sebelumnya. Bukan hanya untuk kepentingan ikut SJF saja, namun juga ajang mobil irit Shell Eco Marathon Asia dan Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE).

Student formula tahun ini diadakan oleh Society of Automotive Engineers (SAE) di 9 negara, yakni Formula SAE Michigan - FSAEM, Formula SAE Lincoln – FSAEL, Formula SAE England – FSAEE, Formula SAE Australia - FSAEA, Formula SAE Brazil - FSAEB, Formula SAE Italy - FSAEI, Formula Student – FS, Formula Student Germany – FSG, Student Formula Japan – SFJ.

Namun, Tim SA mengikuti kompetisi yang berlokasi di Jepang yaitu Student Formula Japan (SFJ) yang akan diadakan pada tanggal 1-5 September 2015 bertempat di Ogasayama Sport Park, Shizuoka, Japan.

Berikut spesifikasi Sapu Angin Speed III:
Name    : Sapu Angin Speed (SAS) III
L/W/H    : 2.8 / 1.4 / 1.3 meter
Engine    : Husaberg FE 450cc (Single Cylinder)
Body    : Fiberglass, Frame with Under Tray
Chassis    : Space Frame AISI 1020 Tube
Steering     : Rack and Pinion
Seat Belt    : Sparco Harness 6 Point
Fuel Tank    : 8 Litre
Wheel Base  : 1.6 Meter
Track Width : 1.3 Meter
Rim Tyres    : 13 Inch
Fuel System : Fuel Injection with Iquteche Fuel Adjuster
Brake    : Front Nissin 2 piston, Rear Nissin 1 Piston


(UDA)