HUT ke-70 RI

Begini Suasana Upacara di KRL Jabodetabek

Wandi Yusuf    •    Senin, 17 Aug 2015 11:44 WIB
hut ke-70 ri
Begini Suasana Upacara di KRL Jabodetabek
Kereta bernomor 1168 melangsungkan upacara untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-70 kemerdekaan Indonesia--Metrotvnews.com/Wandi Yusuf

Metrotvnews.com, Bogor: Kereta bernomor 1168 melangsungkan upacara untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-70 kemerdekaan Indonesia. Walaupun tak ada acara pengibaran bendera, suasana berlangsung khidmat saat para penumpang menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya.

Pantauan Metrotvnews.com, upacara dimulai pukul 10.15 WIB bertepatan dengan keberangkatan kereta dari Bogor ke Jakarta Kota. Di setiap gerbong sudah ada empat anggota pramuka dengan atribut lengkap melakukan sikap sempurna. Masing-masing gerbong dikomando oleh satu orang, Senin (17/8/2015).

Upacara dimulai begitu kereta berangkat. Pemimpin upacara berdiri di gerbong sembilan. Puncak upacara adalah menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya bersama penumpang. Agar bernyanyi bersama, di setiap layar yang ada di masing-masing gerbong ditayangkan lagu Indonesia Raya.

Dengan aba-aba dari masing-masing pemimpin di setiap gerbong, para anggota pramuka itu melakukan hormat terhadap bendera yang ada di layar. Seluruh penumpang ikut bernyanyi. Lagu selesai, upacara selesai. Tak beberapa lama, kereta sudah tiba di Stasiun Cilebut.

Humas KAI Commuter Jabodetabek, Adli Hakim, mengatakan upacara di kereta ini pertama kali dilakukan. "Kami melibatkan 40 anggota pramuka dari berbagai kuartir di Bogor," katanya, ditemui Metrotvnews.com, di dalam kereta usai upacara, Senin (17/8/2015).

Tujuan upacara, kata Adli, adalah untuk memeriahkan HUT ke-70 kemerdekaan RI. "Kita ini ada sesuatu yang baru," ujarnya.


(YDH)