Mobil Ramah Lingkungan

Membongkar Rahasia Mobil Formula Sapu Angin Speed III

Amaluddin    •    Selasa, 18 Aug 2015 09:08 WIB
mobil balap
Membongkar Rahasia Mobil Formula Sapu Angin Speed III
Mobil sapu angin speed III di klaim lebih cepat dari para pendahulunya. Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Mahasiswa ITS Tim Sapu Angin (SA) kembali melahirkan Mobil Formula Sapu Angin Speed III (SAS III). Kabarnya mobil ini di klaim lebih cepat dari seri pendahulunya.

Mobil ini akan dibawa berlaga pada ajang Student Formula Japan (SFJ) 2015 di Jepang pada September mendatang. Untuk mengikuti ajang ini, para peserta diharuskan membuat sebuah mobil yang berbentuk seperti mobil formula namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Guna meraih gelar lagi di ajang yang berlangsung di Negeri Sakura, Tim Sapu Angin membuat sebuah mobil layaknya mobil formula dengan ukuran yang lebih mini. Mobil balap ini memiliki dimensi panjang 2,8 meter, lebar 1,4 meter, dan tinggi 1,3 meter.

Menilik dapur pacunya, mobil asli buatan Indonesia ini menggunakan mekanis penggerak SOHC 448 cc 4-valve, mengadopsi mesin Husaberg FE 450 Enduro. Mesin ini diklaim dapat memberikan tenaga hingga 48 daya kuda dengan torsi 35 Nm.

Tenaga tersebut dihantarkan melalui transmisi berjenis Chain and Drive with Limited Slip Differential. Kemudian untuk mengamankan tenaganya, rem nissin dengan dua piston di depan dan satu piston di bagian belakang siap mengawal.

Body sendiri dibuat dengan bahan fiberglass dengan frame under tray. Sedangkan chassis-nya dibuat dengan menggunakan bahan besin AISI 1020 Tube. Tentu saja kesemuanya menyerupai mobil yang dipakai di ajang formula satu.

Mobil ini akan berkompetisi pada Student Formula Japan (SFJ) yang akan bertempat di Ogasayama Sport Park, Shizuoka, Japan, pada 1-5 September 2015 mendatang. Semoga saja tim Sapu Angin bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Spesifikasi Sapu Angin Speed III:
L/W/H    : 2,8 / 1,4 / 1,3 meter
Engine    : Husaberg FE 450cc (Single Cylinder)
Body    : Fiberglass, Frame with Under Tray
Chassis    : Space Frame AISI 1020 Tube
Steering     : Rack and Pinion
Seat Belt    : Sparco Harness 6 Point
Fuel Tank    : 8 Litre
Wheel Base  : 1.6 Meter
Track Width : 1.3 Meter
Rim Tyres    : 13 Inch
Fuel System : Fuel Injection with Iquteche Fuel Adjuster
Brake    : Front Nissin 2 piston, Rear Nissin 1 Piston


(UDA)