Romo Franz: Pancasila Solusi Masalah Bangsa

   •    Senin, 03 Jun 2013 22:57 WIB
Romo Franz: Pancasila Solusi Masalah Bangsa
MI/Mohamad Irfan/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Pakar etika politik Franz Magnis Suseno mengatakan Pancasila dicetuskan sebagai solusi dalam menghadapi berbagai masalah bangsa yang tersirat dalam lima sila di dalamnya.

Romo Franz mengungkapkan itu dalam diskusi "Membumikan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa" di Jakarta, Senin (3/6).

"Pancasila dicetuskan Bung Karno untuk memecahkan masalah, terkait apakah Indonesia mau menjadi negara agama atau nasionalis sekuler, pada saat itu," kata Romo Franz dalam diskusi yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Guru Besar Ilmu Filsafat di STF Driyarkara itu juga mengajak semua pihak untuk menyadari bahwa Pancasila lebih dari sekedar ideologi bangsa, melainkan unsur kunci bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

"Pancasila mengatakan bahwa Indonesia itu adalah negara semua warganya. Indonesia menjadi milik semua rakyat, tak terkecuali kaum minoritas," jelasnya.

Sementara itu, lima sila yang tersurat dalam Pancasila adalah tujuan bangsa Indonesia sebagai negara yang mempersatukan keberagaman di dalamnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMKRI Lodovikus Dandung mengatakan bahwa sistem demokrasi di Tanah Air masih belum berjalan optimal mengingat kesejahteraan rakyat masih belum sepenuhnya tercapai.

"Ada kesenjangan sila kedua Pancasila dengan perilaku masyarakat. Selain itu juga partai politik belum memberikan pendidikan politik yang baik," katanya.

Oleh karena itu, hendaknya seluruh kaum muda di Tanah Air dapat menghayati dan menerapkan kehidupan berbangsa yang berlandaskan Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Diskusi tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, dengan menghadirkan pembicara Franz Magnis Suseno, Sekjen ormas kepemudaan Partai Amanat Nasional (PAN) Matara Suryo Ari Bowo dan politikus muda PDIP Restu Hapsari. (Antara)


Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA