Tips Mengabadikan Momen Tujuh Belasan dengan Smartphone

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 17 Aug 2015 13:15 WIB
tips & trik
Tips Mengabadikan Momen Tujuh Belasan dengan Smartphone
Anda dapat mengambi foto dan video dari momen menarik dengan smartphone Anda.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada banyak cara untuk merayakan HUT RI, mulai dari upacara pengibaran bendera hingga berbagai lomba, seperti balap karung, panjat pinang atau makan kerupuk. Momen-momen tersebut merupakan momen yang hanya dapat ditemui setahun sekali, yaitu pada hari kemerdekaan Indonesia. Karena itu, tidak sedikit orang yang ingin mengabadikan momen-momen tersebut. Perangkat termudah yang dapat digunakan adalah kamera pada smartphone

Johjuda, pendiri komunitas Fotodroid, menyebutkan bahwa dengan kamera smartphone, Anda dapat mendapatkan hasil gambar sekelas jepretan kamera DSLR jika Anda tahu trik yang diperlukan. "Karena sensor pada kamera smartphone kecil, maka Anda perlu memperhatikan unsur pencahayaan," kata Johjuda. Selain itu, dia menjelaskan, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah mengenai komposisi gambar. "Memiliki aplikasi photo editor pada smartphone adalah hal yang wajib jika Anda ingin mendapatkan gambar dengan hasil kualitas kamera DSLR," kata Johjuda.

"Sering-seringlah mengambil foto," kata Johjuda. Karena hal ini, dia menjelaskan bahwa memiliki ponsel dengan memori internal yang besar sangat membantu Anda yang hobi mengambil foto dengan smartphone. Saran lain yang dia berikan adalah untuk membagikan foto yang Anda ambil ke media sosial. "Anda bisa sharing foto di media sosial atau mencetak foto jepretan Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan masukan dari teman-teman Anda," kata Johjuda.

Menyadari bahwa orang-orang Indonesia sangat suka mengambil foto dengan smartphone, Acer lalu memberikan beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengabadikan momen-momen tujuh-belasan tahun ini. Inilah beberapa tips tersebut.

1. Ambil video pendek
Mengambil foto bukanlah satu-satunya cara untuk mengabadikan momen-momen seru saat perayaan HUT RI. Selain mengambil foto, Anda juga dapat mengambil video pendek dari berbagai kejadian seru yang terjadi di sekitar Anda.

2. Manfaatkan fitur pada smartphone Anda
Saat ini, banyak smartphone yang menawarkan berbagai fitur pada kameranya, seperti voice control atau bahkan gesture control. Dengan kendali suara, biasanya, Anda dapat mengambil foto dengan smartphone dengan meneriakkan kata-kata tertentu. Ada juga smartphone yang secara otomatis akan mengambil foto saat ia mendeteksi adanya suara kencang di sekitarnya.

Selain kendali suara, terkadang smartphone juga dilengkapi dengan gesture control, alias kendali dengan gerakan. Fitur ini biasanya digunakan untuk mengambil selfie. Anda cukup menunjukkan tangan Anda dan smartphone Anda akan otomatis mengambil foto.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur autofocus pada kamera Anda atau memanfaatkan lampu flash saat pencahayaan di sekitar Anda kurang memadai.

3. Tambahkan stiker atau emoticon
Untuk merayakan HUT RI ke-70, sebagian media sosial pasti sudah menyediakan emoticon atau stiker tertentu. Karena itu, Anda dapat membagikan hasil foto Anda ke media sosial dengan tambahan stiker atau emoticon tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menambah kentalnya suasana tujuh-belasan pada foto Anda.

4. Alternatif penyimpanan jika memori internal smartphone Anda kecil
Tidak semua smartphone memiliki memori internal yang besar. Dan jika smartphone Anda termasuk smartphone dengan memori internal kecil, Anda dapat menggunakan microSD untuk menambahkan memori dari ponsel Anda. 

Pilihan lainnya adalah menyimpan foto Anda pada cloud. Ada banyak layanan cloud yang dapat Anda pilih, mulai dari Google, Microsoft, hingga Acer. Dengan menyimpan foto secara langsung ke cloud, Anda dapat mengakses foto tersebut dari berbagai perangkat yang berbeda, selama Anda memiliki koneksi internet, tentu saja.

5. Buat video live
Saat ini, ada beberapa media sosial yang menawarkan layanan video streaming ke penggunanya, seperti Periscope, Vine atau Meerkat. Anda dapat mengunduh aplikasi dari media sosial tersebut ke ponsel Anda dan menggunakannya untuk menyiarkan secara langsung video yang Anda ambil.


(ABE)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

7 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA