Manfaat Menjadi Orang Ambivert

   •    Senin, 17 Aug 2015 13:22 WIB
keluarga
Manfaat Menjadi Orang Ambivert
Ilustrasi (Foto: forbes.com)

Metrotvnews.com: Anda mungkin sering mendengar istilah ekstrovert atau introvert, tapi merasa asing dengan ambivert.  Ambivert itu sebenarnya gabungan dari sifat introvert dan ekstrovert, di mana Anda memiliki sikap seimbang untuk keduanya. Jadi, apabila Anda tidak merasa ekstrovert atau introvert, berarti Anda seorang ambivert.

Penelitian menunjukkan bahwa orang ambivert itu unik, sukses dan bahagia. Karena mereka tahu bagaimana untuk hidup tanpa penyesalan dengan menyeimbangkan antara karier dan kehidupan cinta. Selain itu, Anda juga jarang menderita cemas dan depresi.

Dan berikut keuntungan apabila Anda termasuk orang yang ambivert.

1. Anda bisa hidup bahagia tanpa siapapun
Ekstrovert selalu menunggu seseorang untuk datang ke dalam kehidupan mereka. Introvert selalu butuh teman untuk bicara sehingga tidak kesepian. Namun, ambivert tidak demikian. Anda tidak pernah perduli dengan hal itu. Anda merasa bisa bahagia sendiri tanpa campur tangan orang lain, meskipun Anda juga akan merasakan bahagia saat berada disekitar lainnya.

2. Anda tidak masalah ketika bekerja dalam tim
Orang yang introvert tidak ingin bekerja dalam tim karena sulit dalam bersosialisasi. Tapi, apabila ambivert Anda tidak mengalami masalah dalam hal ini. Anda akan merasa nyaman-nyaman saja bekerja sebagai tim maupun sendiri. Anda tipikal orang yang bisa menempatkan posisi dengan baik.

3. Anda seorang pemimpin yang sukses
Individu ambivert adalah pemimpin yang sempurna. Anda dapat mengumpulkan orang-orang dengan mudah berkat keterampilan ekstrovert Anda. Sementara itu, Anda juga dapat menemukan solusi yang tidak biasa namun brilian untuk sebagian besar masalah berkat sifat introvert Anda. Ini adalah kombinasi sempurna jika Anda ingin membuat orang lain mendengarkan Anda dan mengikuti ide-ide kreatif yang Anda dapatkan.

4. Anda pendengar dan pembicara yang baik
Orang ekstrovert adalah pembicara yang ideal sementara introvert adalah pendengar yang sempurna. Apabila Anda ambivert, Anda bisa menggabungkan dua keterampilan tersebut. Mendengarkan pendapat orang lain bisa membuat Anda lebih bijaksana. Dan lagi, Anda juga memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik sehingga memudahkan Anda dalam mencapai kesuksesan.

5. Anda dapat memecahkan masalah dengan mudah
Pemecahan masalah adalah tugas yang mudah jika Anda ekstrovert dan introvert pada waktu yang sama. Misalnya, Anda memiliki beberapa masalah dengan seseorang, dan ia tidak sudi mendengarkan Anda, dengan sisi introvert, Anda bisa menjadi diam dan juga mengabaikannya. Anda dapat melakukannya dengan mudah karena Anda tidak masalah hidup sendiri atau bersama-sama.

6. Anda lebih mandiri
Anda menjadi lebih mandiri jika Anda tidak peduli apakah ada seseorang yang dekat dengan Anda atau tidak. Anda akan bahagia dengan segala sesuatu dan semua orang. Anda tidak pernah merasa kehilangan tetapi hal tersebut malah Anda jadikan sebuah pengalaman.

7. Anda tidak suka buang waktu
Apapun situasi kehidupan menempatkan Anda, Anda tidak pernah membuang-buang waktu Anda. Anda memiliki sifat ekstrovert sempurna yang memungkinkan Anda mendapatkan teman dalam waktu singkat. Jika Anda perlu melakukan perjalanan ke beberapa negara lain sendirian, Anda akan mengaktifkan sifat introvert Anda di mana Anda bisa menikmati budaya orang lain sendiri tanpa campur tangan teman atau kerabat Anda. (Sumarni/ Amerikanki)


(AWP)