Mentan: Tidak Akan Ada Kekeringan Hingga 2016

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 17 Aug 2015 13:33 WIB
elnino
Mentan: Tidak Akan Ada Kekeringan Hingga 2016
Kekeringan terjadi di ratusan hektar sawah (Ilustrasi) MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman meyakini, gejolak El Nino tidak akan terjadi sampai Mei 2016. Hal itu dikarenakan musim hujan diprediksi sudah datang sejak akhir Oktober 2015.

"Aku baru diskusi dengan BMKG, ra‎pat dan komunikasi terus. Kalau akhir Oktober sudah ada hujan, dan November sudah stabil, tidak akan ada kekeringan yang berlanjut hingga Mei 2016," kata Amran, ketika ditemui di Gedung Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Senin (17/8/2015).

‎Amran mengklaim, langkah memitigasi kekeringan bukan hari ini saja, tapi dilakukan hingga masa yang panjang untuk ke depannya.

Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu menghiraukan adanya prediksi kekeringan hingga sampai bulan Mei tahun depan. Pemerintah selalu melakukan pencegahan dan antisipasi kekeringan‎ untuk tahun depan, bahkan sampai sepuluh tahun lamanya.

"Irigasi tersier bisa 10 tahun dipertahankan, sumur dangkal bisa sampai 20 tahun. Kita lakukan demi bersama‎," urai Amran.

‎Mentan Amran menargetkan luas irigasi tersier yang selesai diperbaiki bisa mencapai 2 juta hektare (ha) di 2015. Saat dirinya menjaba Mentan, luas irigasi yang mengalami kerusakan di seluruh Indonesia mencapai 50 persen.

Dengan target yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berupa perbaikan irigasi sebanyak 1 juta hektar (ha) per tahun, hingga saat ini sudah ada perbaikan 1,3 juta ha irigasi yang diperbaiki.



(SAW)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

6 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA