Olahraga yang Baik Saat Trimester Pertama Kehamilan

   •    Senin, 17 Aug 2015 13:46 WIB
kesehatan
Olahraga yang Baik Saat Trimester Pertama Kehamilan
Ilustrasi (Foto: fitnessheat.com)

Metrotvnews.com: Usia kehamilan trimester pertama merupakan waktu yang tepat untuk memulai program latihan untuk membuat Anda dan bayi Anda sehat saat masa kehamilan hingga persalinan.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur selama kehamilan dapat meningkatkan energi dan mengurangi ketidaknyamanan (seperti nyeri punggung bawah, serta kaki dan pergelangan kaki bengkak). Hal ini juga dapat membantu saat persalinan, serta meringankan beberapa stres yang kerap Anda rasakan.

Bagaimana bentuk latihannya?

Hal ini tergantung pada tingkat aktivitas Anda sebelum hamil. Jika Anda tidak aktif sebelum hamil, mulailah dengan konsultasi dengan dokter Anda.

Program latihan yang berat tidak dianjurkan selama periode ini. Berjalan, berenang, dan yoga boleh Anda coba. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan tubuh Anda bergerak tanpa memberikan tekanan berlebihan pada diri sendiri.

American College of Obstetri dan Ginekologi merekomendasikan 30 menit atau lebih untuk olahraga pada ibu hamil setiap harinya.

Namun, perlu hati-hati pada wanita yang memiliki penyakit jantung, paru-paru, tekanan darah tinggi, pendarahan vagina, atau risiko persalinan prematur mungkin disarankan untuk tidak berolahraga.

Setelah Anda mendapatkan persetujuan dokter Anda dan Anda siap untuk memulai rencana latihan Anda, berikut adalah beberapa kegiatan yang boleh Anda coba.

1. Aerobik
Aerobik santai sangat disarankan namun aerobik yang membutuhkan banyak energi tidak. Saat ini sudah banyak tersedia kelas-kelas aerobik khusus ibu hamil dengan tidak terlalu banyak gerakan melompat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kegiatan lompat saat aerobik.

2. Berjalan
Pilihan ini sangat baik tergantung dengan tingkat kebugaran Anda. Jadi jangan pernah memaksakan diri, apabila Anda merasa sudah terlalu lelah segera berhenti. Dan lagi saat melakukan latihan berjalan pastikan untuk tidak memberikan tekanan berlebihan pada diri Anda.

3. Latihan kekuatan
Ini bagus untuk kehamilan namun Anda perlu menghindari mengangkat beban yang berat, sebab itu bisa membuat Anda dan bayi Anda tegang. Ada banyak teknik angkat beban ringan yang aman selama kehamilan, Anda boleh mencoba beberapa di antaranya.

4. Berenang
Banyak wanita yang menikmati berenang saat hamil karena air mampu mendukung berat badanya. Dengan banyak gerakan yang tidak terlalu melelahkan, berenang sangat cocok untuk Anda jadikan latihan selama masa kehamilan.

5. Yoga
Peregangan pada yoga sangat bagus untuk ibu hamil. Tapi, Anda perlu tahu, ada beberapa posisi yang harus Anda hindari. Liku, inversi, dan berbaring telentang tidak dianjurkan. Anda bisa meminta kepada instruktur Anda agar memodifikasi posisi untuk menjaga Anda dan bayi Anda selalu aman.

Lalu latihan apa yang perlu dihindari?

Anda harus menghindari olahraga yang membutuhkan aktivitas maksimum seperti sepak bola, hoki, dan basket untuk menghindari cedera pada Anda dan bayi. Selain itu, ski, berkuda, berselancar juga tidak boleh Anda lakukan karena berbahaya. Dan hindari diving karena bernapas dari tabung oksigen telah terbukti meningkatkan risiko bayi lahir cacat. (Sumarni/ Lifehack)


(AWP)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

6 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA