Di Ambon, Upacara Bendera Dilakukan di Bawah Laut

Hamdi Jempot    •    Senin, 17 Aug 2015 14:00 WIB
hut ke-70 ri
Di Ambon, Upacara Bendera Dilakukan di Bawah Laut
Penyelam melambaikan bendera merah putih usai upacara penanaman terumbu karang di bawah laut di Pantai Malalayang Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (15/8). Foto: Antara/Fiqman Sunandar

Metrotvnews.com, Ambon: Untuk pertama kalinya di Ambon, Maluku, upacara peringatan detik-detik 70 tahun kemerdekaan Indonesia digelar di bawah laut di Teluk Ambon.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Gubernur Maluku Said Assagaff. Peserta upacara adalah para musyawarah pimpinan daerah di Maluku.

Upacara dilakukan di Pantai Tapal Kuda kawasan Air Salobar, Teluk Ambon. Ratusan penyelam dari Marinir, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, aparat kepolisian, dan warga.

Ikut pula Pangdam XVI/Pattimura Mayor Jenderal Doni Monardo yang merupakan mantan Komandan Paspampres dan Komandan Kopassus.

Acara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih di kedalaman 12 meter oleh Marinir. Tim penyelam sempat kesulitan mengibarkan bendera merah putih  itu karena arus sedang kencang. Tim penyelam hanya berada di bawah laut sekitar dua puluh menit.

"Upacara yang dilakukan di laut ini memberi pesan agar warga tidak boleh membuang sampah ke laut, menjaga terumbu karang, dan tidak menggunakan bom ikan saat mencari ikan," kata Said, usai upacara, Senin (17/8/2015).


(UWA)