DPRD Optimistis Kota Padang Penuhi Target PAD Pajak

Antara    •    Senin, 17 Aug 2015 15:20 WIB
pajakekonomi daerah
DPRD Optimistis Kota Padang Penuhi Target PAD Pajak
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Padang: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar) optimistis pemerintah setempat dapat memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk 2015, dari sektor pajak yang mencapai Rp400 juta.

"Dengan keseriusan pemerintah untuk selalu melakukan pengawasan wajib pajak dan melakukan pembaruan dalam hal data, maka kami sangat optimistis target itu dapat terpenuhi," kata Anggota DPRD Kota Padang Dian Anggraini, di Padang, Senin (17/8/2015).

Ia menjelaskan agar tercapainya target tersebut, pemerintah melalui Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) perlu meningkatkan kinerja pegawai dalam melakukan pengawasan dan pendataan bagi sektor industri penghasil pajak.

"Kalau perlu, silakan dianggarkan dalam APBD ataupun APBD-P untuk anggaran operasional pengawasan, dan DPRD akan menyetujuinya, selagi tujuan kerja dan pencapaiannya jelas," ungkapnya.

Menurutnya hal itu penting mengingat Padang memiliki banyak sektor industri penghasil pajak, sehingga peranan pengawasan pajak tersebut amatlah penting. Beberapa pengawasan pajak yang perlu menjadi prioritas pengawasannya antara lain pajak hotel dan tempat hiburan, pajak restoran, dan pajak rumah kos-kosan.

"Untuk itu kami berharap agar pemerintah serius dan tanggap dalam mengejar target tersebut. Sehingga, menurut kami pemerintah mampu memenuhi target yang kami berikan dalam pemenuhan PAD tahun ini, dan kami akan berikan dukungan penuh melalui anggaran," pungkasnya.


(ABD)