Menperin Bakal Genjot Hilirisasi Capai Target Pertumbuhan Industri

Husen Miftahudin    •    Senin, 17 Aug 2015 15:38 WIB
kementerian perindustrian
Menperin Bakal Genjot Hilirisasi Capai Target Pertumbuhan Industri
Menteri Perindustrian Saleh Husein MTVNHusen

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin bakal terus meningkatkan industri hilirisasi demi mencapai target pertumbuhan industri sebesar 6,8 persen. Ia meyakini, pertumbuhan industri hilirisasi dalam negeri mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi.

"Kami yakin pertumbuhan industri yang terus menggeliat mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Apalagi pertumbuhan ekonomi pada 2016 ditargetkan meningkat menjadi 5,5 persen," ujar Saleh di kediamannya, Perumahan Buncit Indah, Jakarta Selatan, Senin (17/8/2015).

Saleh memaparkan, pertumbuhan industri saat ini selalu lebih tinggi ketimbang pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan industri pada kuartal pertama tahun ini sebesar 5,21 persen lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi di kuartal yang sama dengan angka sebesar 4,71 persen.

"Sementara di kuartal kedua pertumbuhan ekonomi hanya 4,67 persen sedangkan pertumbuhan industri meningkat menjadi 5,27 persen. Ini berarti ada tanda-tanda lebih cerah uuntuk pertumbuhan ekonomi ke depan," paparnya.

Selain meningkatkan industri hilirisasi, tambah Saleh, pihaknya akan pula meningkatkan koordinasi antarkementerian. Ini mengingat koordinasi lintas kementerian sebelumnya mementingkan ego sektoral sehingga menjadikan pertumbuhan ekonomi melemah, jauh dari perkiraan.

"Kami tetap sangat yakin bahwa pertumbuhan industri hingga akhir tahun 2015 ini sekitar 6,3-6,8 persen dapat tercapai. Untuk mewujudkannya kita perlu bekerja sama dengan kementerian-kementerian lain dan stakeholder lainnya serta para pengusaha untuk mendapatkan input yang baik sebelum kami mengambil kebijakan," pungkas Saleh.


(SAW)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

4 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA