Diagnosa Penyakit Hanya dengan Melihat Kulit Anda

   •    Senin, 17 Aug 2015 15:44 WIB
kesehatan
Diagnosa Penyakit Hanya dengan Melihat Kulit Anda
Ilustrasi (Foto: lifeadvancer.com)

Metrotvnews.com: Sebenarnya kulit, kuku, dan rambut Anda bisa menjadi petunjuk penting apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Jadi jangan pernah terkejut saat Anda pergi ke dokter dan mereka bisa langsung dengan mudah mendiagnosa penyakit Anda.

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa itu bisa terjadi bukan? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tubuh Anda.

1. Mata
Menurut Robert Abel Jr, MD, dokter mata di Wilmington, saat kelopak mata Anda memerah atau penglihatan mendadak kabur itu karena alergi makanan atau iritasi dari produk kecantikan seperti maskara, eye shadow atau bahkan sampo.

Cara untuk mengatasinya Anda hanya perlu menggunakan antibiotik atau obat tetes mata. Tapi, apabila kulit Anda sensitif, Robert menyarankan untuk Anda memilih produk yang dirancang khusus untuk kulit sensitif dan bebas pewangi.

2. Psikiater
Rasa cemas malah bisa dilihat hanya pada kuku dan kulit saja. "Sebab biasanya Anda akan menggigit kuku saat sedang stres atau bosan, hasilnya kulit dan kuku Anda akan memerah," ujar Gregory Thorkelson, MD, seorang psikiater. Anda bisa mengobati gejala kulit stres dengan mengatasi apa akar penyebab stres Anda. Apabila sudah tahu, Anda akan langsung sembuh dari masalah ini.

3. Diabetes
Bercak-bercak hitam yang disebut acanthosis nigricans, bisa menjadi salah satu tanda-tanda awal pradiabetes. Biasanya bercak itu menyerang bagian leher belakang dan di bawah lengan Anda.

"Diperkirakan bahwa insulin overstimulates kulit yang menyebabkan lipatan tubuh menggelap," jelas Robert Gabbay, MD, PhD, kepala medis di Harvard Medical School .

Nah, apabila Anda melihat tanda-tanda itu dari tubuh Anda segera periksa kadar glukosa darah Anda. Mungkin Anda belum memiliki diabetes tapi dengan gejala ini Anda bisa melatih diri Anda untuk mencegah penyakit diabetes berkembang.

4. Penyakit usus
Semua jenis ruam dan masalah kulit pada umumnya (seperti gatal atau tulang kering pada siku, lutut, punggung, dan kulit kepala) merupakan tanda dari penyakit usus. Pencernaan membuat kulit Anda mudah terkelupas. Biasanya beberapa gejala umum yaitu eritema nodosum (nodul merah di tulang kering disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh) dan dermatitis herpetiformis (gatal dan ruam yang dipicu oleh gluten).

Untuk masalah ini, tergantung dengan diagnosis dokter Anda. Jadi solusi satu-satunya Anda perlu berkonsultasi dengan para medis untuk mengobati penyakit Anda segera.

5. Masalah tiroid
Kulit abnormal kering, rambut tipis, atau kuku rapuh merupakan gejala dari kondisi tiroid. Tiroid kurang aktif dapat menunjukkan rambut Anda menipis atau kuku mudah rapuh, sementara tiroid yang terlalu aktif dapat membuat rambut  Anda lebih tebal, dan kulit nampak kering pada tulang kering Anda.

Jika Anda mengalami kulit kering bersamaan dengan kenaikan berat badan serta kelelahan, dan kesulitan tidur, percayalah saat Anda pergi ke dokter, dia akan langsung memeriksa kadar tiroid Anda dengan tes darah. Sebab, itu merupakan tanda-tanda dari Anda memiliki masalah tiroid. (Sumarni/ Prevention)


(AWP)