Warga Tionghoa Gelar Upacara HUT ke-70 RI

Udin Ali Nani    •    Senin, 17 Aug 2015 16:05 WIB
hut ke-70 ri
Warga Tionghoa Gelar Upacara HUT ke-70 RI
Foto ilustrasi. (Antara/M Risyal Hidayat)

Metrotvnews.com, Pati: Gema kemerdekaan terus digaungkan seluruh anak bangsa. Berbagai suku, agama, dan ras yang lahir dan tumbuh di Indonesia turut menunjukkan kecintaannya pada Tanah Air.

Tak terkecuali dengan warga Tionghoa yang ada di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Bersama komunitas Gus Durian dan ratusan warga Lorong Indah, mereka menggelar upacara HUT ke-70 RI.

Dengan mengenakan seragam warna putih dan topi merah, ratusan warga yang rata-rata kaum wanita ini, menggelar upacara HUT ke-70 RI. Upacara berlangsung di halaman Pasar Hewan Margorejo, Pati, Jawa Tengah, Senin (17/8/2015).

Upacara yang berlangsung sederhana ini sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara. Selain menyanyikan lagu Indonesia Raya, mereka juga membacakan teks Pancasila dan Proklamasi.

Ketua komunitas Gus Durian wilayah Pati, Edy Siswanto, mengatakan acara ini bertujuan menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap Indonesia.

Ketua Paguyuban Lorong Indah Pati, Mastur, mengatakan upacara ini baru pertama kali dilaksanakan. Warga terlihat cukup antusias mengikuti upacara tersebut. Sebagai informasi, Lorong Indah merupakan kawasan lokalisasi di bagian timur Jawa Tengah ini.

"Ini bentuk penghargaan kami kepada bendera merah putih dan kecintaan mereka kepada bangsa dan negara," kata Mastur.

Selain upacara, dalam HUT ke-70 RI kali ini, komunitas Gus Durian juga membagikan 10 mesin jahit dan obras ke warga Lorong Indah.

Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0718/Pati, Letkol Inf Hery Setiono. Muspika Pati, sejumlah pemuka agama dan tokoh masyarakat juga turut hadir dalam upacara ini.


(SAN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

10 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA