Trigana Air Jatuh, Komisi V Akan Panggil Menhub

Astri Novaria    •    Senin, 17 Aug 2015 18:56 WIB
dpr adstrigana air jatuh di papua
Trigana Air Jatuh, Komisi V Akan Panggil Menhub
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan--MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Jatuhnya pesawat Trigana Air adalah pelajaran pahit buat bangsa Indonesia. Komisi V DPR RI akan memanggil Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, untuk memberikan penjelasan terkait kecelakaan pesawat tersebut.

"Ini adalah pelajaran pahit bagi kita. Secepatnya kita akan minta besok untuk bertemu dengan Menhub. Dia harus bisa memberikan penjelasan. Tentu saya harus mendapatkan keterangan detail dari tiga stakeholder, yakni Kemenhub sebagai regulator, maskapai, dan juga bandaranya kita lihat ada apa ini," kata Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDIP, Sukur Nababan di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (17/8/2015).

Ia mengungkapkan, di Komisi V DPR RI sudah membentuk panja kecelakaan pesawat pascamusibah yang menimpa AirAsia QZ8501. Hingga kini, lanjutnya, pendalaman panja terus dilakukan mengenai kualitas dan keamanan penerbangan di Indonesia. Ia menyebutkan Panja kecelakaan pesawat tengah membuat kesimpulan itu.

"Jangan terjadi lagi hal seperti ini. Saya selalu ingatkan Pak Jonan sebagai Menteri Perhubungan harus dapat memastikan seluruh regulasi-regulasi itu bukan hanya dibuat tetapi betul-betul sangat ketat dilaksanakan. Yang terakhir saya lihat Pak Jonan malah fokus pada biaya," ujar Sukur

Ia selalu menekankan bahwa biaya seyogyanya tidak ada hubungannya dengan kualitas. Selain itu juga ia menyoroti pelaksanaan implementasi antara regulator, pihak airlines, bandara, dan BMKG yang dinilainya belum sinkron.

Sebelumnya Aparat Kepolisian Resor Pegunungan Bintang yang masuk dalam tim pencarian gabungan telah menemukan serpihan pesawat Trigana Air tak jauh dari Kampung Oksob, Distrik Okbape.

Mengenai jarak dari Oksob ke lokasi tempat jatuhnya pesawat nahas yang membawa 49 penumpang dan lima orang kru beserta pilot itu, Patrige mengemukakan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Warga di sekitar Kampung Oksob, Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua menemukan dua potong serpihan diduga bagian dari pintu pesawat Trigana Air yang jatuh pada Minggu (16/8/2015).


(YDH)