Hulu Tengah Kalsel Kembangkan Program Agrobisnis

Antara    •    Senin, 17 Aug 2015 19:40 WIB
perkebunan
Hulu Tengah Kalsel Kembangkan Program Agrobisnis
Produk agrobisnis MI/Bagus Suryo

Metrotvnews.com, Kalimantan Selatan: Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, mengembangkan program agrobisnis  melalui pendampingan Program Agrobisnis Perdesaan yang disalurkan 
kepada ratusan kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTH) Hulu Sungai Tengah (HST) Kemat di Barabai, Senin mengatakan PUAP merupakan suatu program dari pemerintah berupa bantuan modal untuk kegiatan 
pertanian.

Program ini, kata dia, bertujuan agar masyarakat petani dapat mengembangkan usaha agrobisnisnya mulai dari hulu hingga hilir.

"Masing-masing kelompok tani yang lulus seleksi administrasi diberikan bantuan pinjaman modal sebesar Rp100 juta, yang dikelola melalui lembaga keuangan mikro," katanya.

Hingga kini, kata dia dari 169 kelompok tani, sebanyak 157 kelompok tani sudah mendapatkan kucuran dana tersebut, untuk dimanfaatkan secara maksimal mengembangkan potensi pertanian di masing-masing daerah.

Bupati HST H Harun Nurasid mengatakan, melalui program PUAP ini, diharapkan akan mampu mendorong petani untuk bisa mengembangkan berbagai potensi pertanian di daerahnya.

Program tersebut, tambah dia, juga dalam rangka mengentaskan masyarakat miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan di pedesaan selain itu juga sebagai pendukung utama program PNPM Mandiri.

Program PUAP, tambah dia, juga dirancang untuk mengubah cara bertani tradisional menjadi lebih modern dan berwawasan agrobisnis, evaluasi PUAP dapat menjadi alat ukur efektivitas pelatihan dan pendampingan maupun peningkatan kinerja usaha pertanian.

Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan petani, tambah Bupati, juga digelar pelatihan terhadap gapoktan, penyuluhan pendampingan dan Penyelia Mitra Tani (PMT) serta tim teknis kabupaten, tim teknis kecamatan dan tim teknis tingkat desa untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Bumi Murakata.

Sebelumnya, Bupati menyerahkan tropi kepada Gapoktan Tirta Kencana sebagai juara I lomba Gapoktan se provinsi Kalimantan Selatan dan Hasnah Madiana sebagai juara III Penyelia Mitra Tani HST Berprestasi se Provinsi Kalimantan Selatan 2015.

Meningkatkan kemampuan pendampingan PUAP, terutama dalam upaya mencapai sinergi yang baik antar seluruh pelaksana program, telah diadakan rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan program PUAP di Aula Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) kabupaten Hulu Sungai Tengah.


(SAW)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

10 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA