Di HUT RI, 7 Napi Lapas Kendal Langsung Bebas

Iswahyudi    •    Selasa, 18 Aug 2015 06:49 WIB
hut ke-70 ri
Di HUT RI, 7 Napi Lapas Kendal Langsung Bebas
Bupati Kendal Widya menyerahkan surat remisi, MTVN - Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Sebanyak 131 narapidana Lapas Kelas II A Kendal mendapatkan remisi atau masa pengurangan masa tahanan dari satu bulan hingga enam bulan. Sedangkan tujuh narapidana yang menerima remisi langsung bebas di peringatan HUT ke-70 RI 17 Agustus 2015.

Bupati Kendal Widya Kandi Susanti memberikan langsung surat keputusan resmi tersebut di Lapas Kelas II A Kendal. 

Kepala Lapas Kelas II A Kendal Kristiyanto Wibowo mengatakan 49 orang menerima remisi satu bulan, 34 orang menerima remisi dua bulan, dan 33 orang mendapat remisi 3 bulan. Empat narapidana mendapatkan remisi 4 bulan, 10 orang mendapat remisi 5 bulan, serta 1 orang mendapat remisi 6 bulan. 

“Sedangkan yang menerima remisi khusus dan bebas pada tanggal 17 Agustus ada 7 orang ,” imbuh Kristiyanto.

Jumlah penghuni di Lapas Kelas II A Kendal sebanyak 281 orang. Jumlah itu melebihi kapasitas yang hanya 151 orang.

Menanggapi itu, Bupati Widya mengaku mengajukan pemindahan warga binaan. Pemkab sudah menyiapkan lahan 106 hektare di wilayah Bleder Kecamatan Patebon untuk pembangunan lapas.

“Pihak Kemenkum HAM belum memberikan patokan nilai atas tanah yang sudah disiapkan dan ditawarkan Pemkab Kendal. Kita sudah meminta kepada Sekda untuk berkomunikasi lagi karena tawaran memindah Lapas sudah diajukan lebih dari dua tahun lalu namun belum ada tindak lanjutnya,” jelas Bupati.


(RRN)