Din Galang Petisi ke Jokowi Soal Kesadaran Iklim

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 18 Aug 2015 08:26 WIB
Din Galang Petisi ke Jokowi Soal Kesadaran Iklim
Ketua MUI Din Syamsudin--Foto: Dok

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengajukan petisi kepada Presiden Joko Widodo dan Sekjen PBB, Ban Ki Moon soal kesadaran perubahan iklim. Din mempetisi keduanya melalui laman change.org.

Din mengimbau Jokowi dan Ban Ki Moon untuk menerapkan sistem energi terbarukan sepenuhnya di tahun 2050. Hal itu diungkapkan Din, sebab dirinya menilai perlu adanya gebrakan pemerintah untuk menanggapi kasus perubahan cuaca ini.

"Kita perlu tindakan berani seperti ini untuk menjaga agar kenaikan suhu global tetap berada di bawah titik kritis berbahaya sebanyak 2 derajat, untuk menghilangkan polusi karbon menjadi ke titik nol," tulis Din pada lama tersebut.

Tak hanya menuntut, tapi Din juga mengungkapkan rasa tanggungjawabnya kepada pemerintah untuk ikut serta dalam memelihara dunia. Sebab, kata Din sebagai warga bumi yang didorong oleh keimanan dan nilai-nilai moral,merupakan kewajiban mendesak untuk bertindak menghadapi perubahan iklim.

"Kami berjanji untuk melakukan hal yang menjadi kewajiban kami dengan merangkul tanggung jawab moral untuk memelihara dunia dan menjaga satu sama lain," ungkap dia.

Sejauh ini, sudah sebanyak 249.286 netizen menjadi pendukung dalam petisi ini. Din masih memerlukan dukungan sebanyak 50.714 orang untuk mencapai 300.000 pendukung dalam medukung petisi online ini.
(ALB)