Akhir Pekan Ini, Pedagang Ayam di Bandung Raya Mogok Jualan

Roni Halim    •    Selasa, 18 Aug 2015 09:45 WIB
daging ayam
Akhir Pekan Ini, Pedagang Ayam di Bandung Raya Mogok Jualan
Ilustrasi ayam potong. (Antara/Rahmad)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pedagang daging ayam di pasar tradisional di Bandung, Jawa Barat berencana mogok jualan. Aksi dilakukan sebagai protes mahalnya harga daging ayam. 

Hampir dua pekan lebih harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Ibu Kota Jawa Barat naik. Seperti yang terjadi di Pasar Cihaurgeulis, Kota Bandung.

Harga daging ayam di pasar tersebut mencapai Rp40 ribu per kilogram (kg). Padahal sebelumnya, satu kg ayam hanya dibanderol Rp28 ribu. Pedagang menduga, melambungnya harga ini akibat kenaikan harga pakan serta ayam usia sehari (DOC/day old chick).  

Akibat kenaikan harga tersebut, pedagang mengaku omzet menurun. Banyak konsumen yang mengurungkan niat beli ayam gara-gara harga yang mahal.

"Pembelinya kurang, karena harga naik terus," kata Dedeh, salah satu pedagang ayam di pasar Cihaurgeulis, Selasa (18/8/2015).

Sebagai bentuk protes, pedagang berencana mogok jualan. Aksi ini akan berlangsung selama empat hari. Pedagang ayam se-Bandung Raya tak akan jualan pada 20-24 Agustus.

Aksi mogok ini tampaknya sudah terkoordinir. Sebab, para pedagang mengaku mendapat surat edaran untuk mogok jualan pada tanggal tersebut.


(SAN)