Perlintasan Kereta Api Kaliwates Jember Ditutup

Kumbang Ari    •    Selasa, 18 Aug 2015 10:26 WIB
kecelakaan kereta api
Perlintasan Kereta Api Kaliwates Jember Ditutup
Foto: Minibus bernomor polisi B 1487 SKQ tertabrak Kereta Api Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi di perlintasan kereta api Kaliwates, Jember, Minggu (16/8/2015)/Ant_Seno

Metrotvnews.com, Jember: Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menutup perlintasan kereta api di Kecamatan Kaliwates, Jember, Selasa 18 Agustus.

Perlintasan kereta api yang ditutup tepat di depan pertokoan Roxy dan Perumahan Mandiri Land, Kecamatan Kaliwates, Jember. Penutupan perlintasan kereta itu dilakukan karena akses jalur dan pusat perbelanjaan yang dibangun di kawasan itu tidak mengantongi izin analisa dampak lingkungan lalu lintas. Selain itu, penutupan berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait analisa kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di kawasan tersebut.

"Kami akan memanggil pihak pengembang Perumahan Mandiri Land dan pertokoan Roxy yang membuka jalur perlintasan kereta api tersebut pascakecelakaan maut yang merenggut lima nyawa," kata Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif di Jember, Jawa Timur, Selasa (18/8/2015).

Perlintasan kereta api itu juga tidak tercatat secara resmi oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) IX Jember.

Akibat penutupan perlintasan kereta api itu, lalu lintas di Jalan Raya Hayam Wuruk menuju perumahan dan pertokoan itu dialihkan. Penutupan perlintasan kereta api ini akan dilakukan hingga prosedur dan prasyarat pembangunan jalan raya yang menghubungkan Perumahan Mandiri Land dan pertokoan Roxy itu terpenuhi.

Sebelumnya, minibus bernomor polisi B 1487 SKQ tertabrak Kereta Api Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi di perlintasan kereta api di Jalan Hayam, Sempursari, Kaliwates, Jember, Jawa Timur, Minggu (16/8/2015). Kecelakaaan itu menyebabkan lima orang meninggal dunia dan dua orang luka berat.


(TTD)