Cari Korban Trigana, Freeport Kerahkan Helikopter

Antara    •    Selasa, 18 Aug 2015 10:51 WIB
trigana air jatuh di papua
Cari Korban Trigana, Freeport Kerahkan Helikopter
Titik ditemukannya serpihan pesawat Trigana Air di Oksibil, Papua, Senin (17/8/2015). Foto: AFP/Basarnas

Metrotvnews.com, Timika: PT Freeport Indonesia mengerahkan sebuah helikopter Airfast Bel OCE 212 serta tim Emergency Response Grup (ERG) untuk membantu melakukan evakuasi para korban kecelakaan pesawat Trigana Air yang jatuh di Oksob, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kepala Kantor SAR Timika Joko Sungkowo melalui Kepala Seksi Operasi Hendra Salawane kepada Antara di Timika, Selasa (18/8/2015), mengatakan helikopter Airfast milik PT Freeport bersama empat orang tim ERG telah berangkat ke Oksibil, Pegunungan Bintang sejak Senin (17/8/2015).

Keterlibatan armada helikopter Airfast Freeport bersama tim ERG tersebut untuk mempercepat proses evakuasi para korban pesawat Trigana Air.

"Kami di Kantor SAR Timika dalam posisi selalu siap jika sewaktu-waktu ada permintaan dari pusat koordinasi SAR Jayapura untuk mengirim personel, maka kita akan kirim personel ke sana," jelas Hendra, seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan armada helikopter Airfast Freeport yang mengangkut tim ERG ke Oksibil melakukan perjalanan yang cukup panjang sehingga harus singgah di beberapa tempat untuk mengisi bahan bakar.

Adapun pascaditemukannya lokasi jatuhnya pesawat Trigana Air, pada pagi ini sebanyak delapan pesawat telah dikerahkan dari Bandara Sentani Jayapura maupun Bandara Oksibil Pegunungan Bintang untuk membantu
mengevakuasi para korban.

Komandan Lanud Jayapura Kol (Pnb) I Made Susila Adyana mengatakan bahwa kedelapan pesawat tersebut terdiri atas pesawat Pilatus Porter milik Susi Air, Twin Otter dan ATR milik Trigana Air, Grand Caravan milik AMA, Heli
Bell Airfast milik PT Freeport dan helikopter MI milik TNI AD.

Menurut Kolenel Adyana, pada Selasa pagi sebuah pesawat ATR Trigana Air telah diterbangkan dari Bandara Sentani Jayapura mengangkut logistik ke lokasi bencana.

"Mudah-mudahan cuaca bersahabat sehingga evakuasi dapat segera dilakukan," harapnya. Sementara itu Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Yunus Wally mengakui saat ini tim SAR baik udara maupun darat sudah bergerak ke lokasi jatuhnya pesawat Trigana Air.


(KRI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

10 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA