Usai Temui Obama, Veteran Tertua AS Meninggal Dunia

Willy Haryono    •    Selasa, 18 Aug 2015 11:35 WIB
perang dunia ii
Usai Temui Obama, Veteran Tertua AS Meninggal Dunia
Emma Didlake (kiri), veteran perang tertua AS, bertemu Presiden Barack Obama di Gedung Putih, Washington, 17 Juli 2015. (Foto: AFP / MANDEL NGAN)

Metrotvnews.com, Michigan: Veteran wanita berusia 110 tahun meninggal dunia beberapa pekan setelah bertemu Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

San Antonio Express-News melaporkan, Emma Didlake mengembuskan napas terakhir setelah mengeluh kelelahan dalam beberapa hari terakhir.

"Hari ini tepat sebulan setelah kami pergi mengunjungi Gedung Putih," kata cucunya, Marilyn Horne, seperti dikutip AFP, Selasa (18/08/15).

Didlake bertemu Obama pada 17 Juli. Ia telah menerima beragam pujian dan tanda jasa atas perjuangannya semasa Perang Dunia II. 

Didlake bergabung dengan Women's Army Auxiliary Corps pada 1943 untuk menentang rasisme dan segregasi. Pada zaman itu, kebanyakan wanita AS lebih memilih diam di rumah. 

"Emma Didlake berbakti kepada negara dengan terhormat, seorang pejuang sejati yang telah mengorbankan banyak hal untuk negara," ujar Obama dalam sebuah pernyataan.

"Kami sangat tersanjung dan berterima kasih atas kunjungan Emma ke Gedung Putih bulan lalu. Aku serta Michelle Obama mengucapkan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan, juga semua orang yang telah terinspirasi atas dedikasinya terhadap Amerika," sambung sang presiden.

Setelah meninggalnya Didlake, veterah tertua AS saat ini adalah Richard Overton. (Nabila Gita)



(WIL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

9 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA