Duit Rp6,5M di Trigana Air Tanggung Jawab PT Pos

Intan fauzi    •    Selasa, 18 Aug 2015 12:38 WIB
trigana air jatuh di papua
Duit Rp6,5M di Trigana Air Tanggung Jawab PT Pos
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa. (Foto:MTVN/Intan Fauzi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sebesar Rp6,5 miliar yang raib bersama tumbangnya pesawat Trigana Air tanggung jawab PT Pos Indonesia. Kementerian Sosial sudah melimpahkan seluruh dana PSKS untuk disebarkan PT Pos ke seluruh wilayah di Indonesia.
 
"Dana itu oleh Kementerian Sosial sudah ditransfer semuanya ke PT Pos, total Rp9,8 triliun. Artinya, dana ini tanggung jawab PT Pos," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Selasa (18/8/2015).
 
Khofifah mengatakan, Kemensos telah mendapat laporan dari PT Pos bahwa dana yang telah terdistribusi sebanyak 98,1%. Sisanya 1,9 persen akan dibagikan ke 6.600 warga Kabupaten Pegunungan Bintang.
 
"Sudah 98,1 persen yang terdistribusi, tapi yang mencairkan baru 96,8 persen karena ada di antara penerima PSKS tidak mengambil 100 persen. Sebagian ditabung. Dari 1,9 persen yang belum mencairkan itu antara lain 6.600 warga Kabupaten Pegunungan Bintang. Itulah yang uangnya dibawa staf PT Pos, empat orang, yang pesawatnya terkena musibah," ujar Khofifah.
 
Pesawat Trigana Air jenis ATR42 dengan nomor penerbangan IL257 rute Jayapura-Oksibil jatuh di Papua, Minggu 16 agustus  pukul 14:55 WIT. Lokasi jatuhnya pesawat diperkirakan di Kampung Tiga, Distrik Okbape.
 
Pesawat yang dipiloti Hasanuddin ini terbang dari Bandara Sentani, Jayapura tujuan Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Burung besi mengangkut 49 penumpang dan lima kru. Penumpang terdiri atas 44 dewasa, dua anak-anak, dan tiga bayi. Dalam pesawat yang jatuh juga mengangkut empat orang karyawan PT Pos Indonesia yang membawa dana PSKS sebesar Rp6,5 miliar yang akan didistribusikan kepada warga.


(FZN)