Pemerintah Siap Guyur 300 Ribu Ekor Sapi Cegah Penimbunan

Husen Miftahudin    •    Selasa, 18 Aug 2015 12:44 WIB
impor sapi
Pemerintah Siap Guyur 300 Ribu Ekor Sapi Cegah Penimbunan
Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Limbong (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong menyatakan bahwa pihaknya siap mengguyur pasar dengan mengimpor sapi sebanyak 200-300 ribu ekor dalam rangka mencegah penimbunan yang sering dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan begitu, diharapkan terjadi kestabilan harga daging sapi di pasaran.

"Jadi kemarin saya dan Menteri Pertanian (Amran Sulaiman) sudah bicara dan kita siap untuk guyur pasar. Untuk sisa tahun ini kita mungkin bisa impor 200-300 ribu ekor," ujar Thomas, di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2015).

Saat ini, aku pria yang akrab disapa Tom, Kemendag dan Kementan sedang menjalankan proses impor sapi tersebut. Guyur pasar dengan impor sapi ini dimaksudkan agar penimbun sapi berpikir ulang untuk kembali melakukan penimbunan.

"Tapi pesan utama kami untuk guyur pasar ini adalah yang timbun-timbun stok ini juga berpikir dua kali. Karena ketika kita guyur pasar, harga akan anjlok dan yang timbun itu akan mengalami kerugian finansial cukup berat," ungkapnya.

Tingginya harga sapi menyebabkan pedagang daging sapi kekurangan pasokan, sehingga akhirnya para pedagang memutuskan untuk libur melakukan aktivitas jual-beli daging sapi mengingat imbal hasil penjualan daging sapi tak seimbang. Libur selama empat hari membuat pemerintah segera melakukan tindakan cepat dengan langsung mengimpor sapi siap potong sebanyak 50 ribu ekor.

Strategi jangka panjang pemerintah agar tak terjadi hal serupa, jelas Tom, dilakukan oleh Kementan dan Kemendag. Kementan melakukan strategi pengembangan industri sapi lokal untuk memenuhi kebutuhan sapi.

"Dan tentunya, saya ditugaskan untuk tertibkan pasar. Saya kira strategi jangka panjang ini sangat bagus," pungkas Tom.


(ABD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

6 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA