Tim DVI Masih Kumpulkan Data Antemortem Penumpang Trigana

Githa Farahdina    •    Selasa, 18 Aug 2015 12:58 WIB
trigana air jatuh di papua
Tim DVI Masih Kumpulkan Data <i>Antemortem</i> Penumpang Trigana
Puing pesawat Trigana----AFP

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri ikut turun tangan dalam penanganan jatuhnya pesawat Trigana Air di sekitar wilayah Oksibil, Papua. Polri mengirimkan tim disaster victim identification (DVI) ke Papua.

Menurut Kabag Penum Humas Mabes Polri Kombes Suharsono, Tim DVI masih melakukan proses awal, yakni pengumpulan data antemortem untuk memastikan identitas jenazah.

"Ya sekarang Polri, Tim DVI dalam rangka mengumpulkan data untuk mendukung pemeriksaan setelah ditemukan," kata Suharsono ketika dihubungi, Selasa (18/8/2015).

Pihak kepolisian, tambah Suharsono, akan mencocokkan data yang ada dengan fisik jenazah yang ditemukan. Hal ini dilakukan agar hasil pemeriksaan akurat dan tak terbantah.

"Setelah itu akan akurat dan datanya valid A atau B," jelas dia.

Sejauh ini, tim SAR gabungan berhasil menemukan semua korban penumpang pesawat Trigana Air berjenis ATR 42-300 dengan nomor penerbangan IL-267 jurusan Jayapura-Oksibil. Sebagian korban ditemukan dalam kondisi fisik tidak utuh.

Korban kini masih dievakuasi ke kantong jenazah di lokasi pesawat jatuh di Kampung Oksob, Kabupaten Pegunungan Bintang, Jayapura, Papua. Menurut Heronimus, semua tim masih bekerja dan memikirkan langkah selanjutnya apakah membuat helipad atau menggunakan cara lain untuk mengevakuasi korban.

Pesawat ATR Trigana dilaporkan hilang kontak diduga menabrak Gunung Tangok, Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang, Minggu 17 Agustus. Pesawat membawa 49 penumpang dan lima kru sedianya mendarat di lapangan terbang Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang setelah take off dari Bandara Sentani.


(TII)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

1 hour Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA