Pertamina Pede Proyek PLTP Ulubelu 3 & 4 akan Tepat Waktu

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 18 Aug 2015 13:00 WIB
pertamina
Pertamina <i>Pede</i> Proyek PLTP Ulubelu 3 & 4 akan Tepat Waktu
Pertamina ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) akan menggenjot pengerjaan proyek panas bumi Ulubelu unit 3 dan unit 4 dengan total kapasitas 2 x 55 megawatt (mw) yang diharapkan dapat menjadi penopang bagi ketersediaan pasokan listrik di wilayah provinsi Lampung.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengungkapkan proyek ini juga termasuk dalam breakthrough project Pertamina di sektor hulu yang telah mencapai kemajuan sebesar 56,12 persen. Dengan kemajuan tersebut, Syamsu yakin PLTP Ulubelu akan tuntas sesuai target COD, yaitu Agustus 2016 untuk PLTP Ulubelu unit 3 dan Juni 2017 untuk PLTP Ulubelu unit 4.

"Dengan kemajuan proyek yang ada saat ini, kami yakin PLTP Ulubelu 3 dan 4 akan selesai dan onstream sesuai target. Jika tuntas, secara keseluruhan PLTP Ulubelu akan berkontribusi sebesar 23 persen dari total pasokan listrik untuk Lampung," kata Syamsu dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Untuk pasokan listrik di Lampung sendiri, Syamsu menyebutkan membutuhkan daya mencapai 832,2 MW (daya terpasang). Ia menjelaskan kebutuhan pasokan listrik tersebut saat ini 52 persen bergantung dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), 19 persen dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), 14 persen Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), dan hanya 13 persen dari PLTP. Dari sini lah, Pertamina menargetkan kenaikan kontribusi pasokan listrik melalui PLTP mencapai 23 persen.

Ia berharap, pada 2017 ketika daya terpasang mencapai 994 MW, PLTP Ulubelu 1,2,3 dan 4 akan berkontribusi sebesar 220 MW. "Saat ini rig PDSI sedang persiapan untuk pengeboran sumur produksi," tutupnya.

Sebagai informasi, PLTP Ulubelu unit 3 dan 4 adalah termasuk dua dari proyek-proyek yang pemancangan tiang pertamanya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada awal Juli lalu. Proyek PLTP Ulubelu 3 & 4 dibangun oleh PT Pertamina Geothermal Energy dengan skema total project, artinya PGE menjual listrik langsung kepada PLN.

Proyek PLTP Ulubelu unit 3 dan 4 saat ini sudah masuk tahap pekerjaan engineering, procurement, dan construction (EPC) oleh konsorsium Sumitomo-Rekayasa Industri. Sebagai bentuk pemberdayaan kemampuan nasional konsorium tersebut juga melakukan pekerjaan pengeboran sumur dengan menggandeng Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI).

PLTP Ulubelu unit 3 dan 4 dapat mencapai 23 sumur yang terdiri dari 17 sumur produksi dan enam sumur injeksi. Saat ini, 20 sumur telah berhasil dibor, dengan perincian 16 sumur produksi dan 4 sumur injeksi.



(SAW)