Batal Periksa Gatot Pujo, Penyidik Kejagung Geledah Kantor Dinas di Sumut

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 18 Aug 2015 13:44 WIB
bansos
Batal Periksa Gatot Pujo, Penyidik Kejagung Geledah Kantor Dinas di Sumut
Gatot dan istri Evy Susanti. Foto: MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Kejaksaan Agung batal memeriksa Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho. Saat ini penyidik masih fokus melengkapi bukti-bukti atas keterlibatan Gatot dalam kasus dugaan korupsi bantuan daerah bawahan, bantuan operasional sekolah , dan penahanan pencairan dana bagi hasil dan bantuan sosial tahun anggaran 2013.

"Kami sedang berada di Medan untuk melakukan sejumlah penggeledahan di beberapa lokasi dan beberapa kantor dinas Provinsi Sumatera Utara," kata Kasubdit Satgas Penaganan Korupsi Kejakasaan Agung, Victor Antonius saat dikonfirmasi, Selasa (18/8/2015).

Penyidik juga memeriksa sejumlah saksi di Medan. "Kami masih periksa saksi tambahan dana bansos dan hibah di Kejaksaan Negeri Medan," ujar dia.

Dalam kasus dana bantuan sosial Sumut, Gatot Pujo diduga menyalahgunakan wewenang dalam pencairan dana. Ia ditenggarai menyetujui pencairan dana tanpa melalui verifikasi tim anggaran pemerintah daerah. Dana bantuan sosial ini diduga dipakai untuk pemenangan Gatot saat maju menjadi calon gubernur pada 2013.

Kasus lain yang menjerat Gatot adalah suap terhadap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Medan yang diselidiki Komisi Pemberantasan Korupsi. Kasus ini berkaitan erat dengan kasus bansos. KPK menetapkan Gatot dan Evy Susanti sebagai tersangka.


(TRK)