Diprediksi Tetap, Apindo Berharap BI Rate Bisa Diturunkan

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 18 Aug 2015 14:01 WIB
bi rate
Diprediksi Tetap, Apindo Berharap BI Rate Bisa Diturunkan
Ilustrasi Bank Indonesia (BI) MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani mengatakan, Bank Indonesia (BI) akan tetap mempertahankan suku bunga acuan (BI Rate) pada posisi 7,50 persen.

"Bi rate saya kira tetap ya rasanya," ujarnya di Permata Kuningan, Jalan Kuningan Mulia, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (18/8/2015).

Dirinya juga berharap jika posisi BI Rate bisa diturunkan ke posisi yang lebih rendah. Meskipun begitu, BI harus berhati-hati, sebab dalam situasi konservatif saja situasi di pasar tidak bisa diprediksi apalagi dalam kondisi yang tidak menentu seperti sekarang.

"Kita berharap diturunkan karena itu kan tinggi tapi kita juga menyadari kalau itu turun nanti sinyalnya ditangkap pasar akan beda, begitu dia turun rupiah akan semakin enggak karuan karena sekarang aja sudah begini. Kalau enggak naik pun, pokoknya pertahankan jangan naik dari 7,5 persen," jelas dia.

Selain itu, dirinya berharap kondisi perekonomian saat ini bisa kembali normal. Selain kondisi makro yang dinilai masih buruk, kondisi regional juga masih diliputi ketidakpastian situasi pasar.

"Kita utamakan kepada penguatan fundamental di dalam negeri terutama bagaimana mengendalikan impor lalu bagaimana mendorong upaya ekspor terutama dalam kaitan perjanjian multilateral dan bilateral," pungkasnya.


(SAW)